JENIS-JENIS ORANG MELAKUKAN RESERVASI DI HOTEL

BERBAGAI JENIS CARA ORANG MELAKUKAN RESERVASI KAMAR ATAU PEMESANAN RUANGAN UNTUK PENYELENGGARAAN ACARA DI HOTEL.
JENIS-JENIS ORANG MELAKUKAN RESERVASI DI HOTEL


Jenis-Jenis Cara Orang Melakukan Reservasi Di Hotel

Jenis Reservasi adalah cara memesan sebuah kamar atau ruangan dengan cara memberitahu manajemen hotel serta biaya-biaya yang dibutuhkannya.

Metode permintaan reservasi yang digunakan di hotel memiliki banyak cara dan pengaplikasiannya. Beberapa cara yang digunakan seperti metode tradisional seperti dengan menulis surat ,fax , telex ,email dan secara verbal dengan tatap muka langsung antara tamu dan resepsionis.

Di era modern saat ini sebagian besar reservasi dilakukan dengan cara yang modern seperti menggunakan situs website ,OTA , aplikasi seluler dan media sosial.

Dibawah ini penjelasan mengenai beberapa metode yang digunakan dalam metode menerima tamu hotel atau guest reservation.

1. Jenis Tertulis (Surat)

Surat - Mode ini biasanya digunakan oleh agen perjalanan, operator tur, perusahaan dan perusahaan yang mengirimkan permintaan reservasi mereka ke hotel dengan kop surat perusahaan mereka. Hotel akan membuat reservasi sesuai dengan rincian yang diberikan dalam surat.

Faks

Faks - Transmisi fax atau faksimili menggunakan teknik pemindaian elektronik untuk mengirim salinan dokumen melalui saluran telepon biasa melalui mesin khusus yang mencetak salinan dokumen yang identik. Hal ini memungkinkan untuk mengirim permintaan reservasi secara instan. Hotel akan memproses permintaan sesuai detail dan akan mengirimkan surat konfirmasi kepada tamu tersebut.

Telex

Telex - Atau juga Teleprinter Exchange ini melibatkan penggunaan saluran telepon khusus, di mana pesan suara dikomunikasikan dalam bentuk tertulis.

Email 

Metode  komunikasi dengab cara ini yang paling sering di lakukan dan populer. Email adalah surat elektronik yang memungkinkan untuk menghubungi hotel secara instan. Hotel akan memproses permintaan reservasi berdasarkan rincian yang diberikan. Mode reservasi ini cepat dan sangat mudah.

2. Mode Verbal

Permintaan reservasi juga dapat dilakukan dengan mendatangi langsung hotel melalui cara verbal atau komunikasi lisan langsung atau melalui telepon. 

Keuntungan dari komunikasi lisan adalah bahwa hal itu menghasilkan tanggapan dan umpan balik segera dan sangat cepat dan nyaman. Selain itu, tamu dapat memperoleh informasi lengkap dan menghilangkan keraguan.

Kerugian dari model Verbal adalah tidak memberikan catatan tertulis atau korespondensi dari syarat dan ketentuan pemesanan yang harus disepakati bersama.

In-Person 

In-Person jika seorang individu atau perwakilan pergi ke hotel untuk memesan kamar untuk masa yang akan datang, itu disebut sebagai reservasi In-Person. Ketika seorang individu datang ke hotel dan meminta ruang untuk hari itu disebut sebagai Walk-In Reservation. Hotel memproses kamar sesuai dengan rincian yang diberikan oleh tamu dan mengeluarkan nomor konfirmasi dan surat jika reservasi dibuat untuk tanggal tertentu.

Telpon

Telepon - Metode komunikasi reservasi langsung yang paling umum, calon tamu dapat menelepon hotel secara langsung. Reservation Assistant mengambil informasi yang dibutuhkan secara berurutan sesuai prosedur penyewaan kamar. Sebagian besar hotel saat ini memiliki sistem canggih yang dapat merekam panggilan yang nantinya dapat digunakan untuk tujuan pelatihan dan pengawasan management.

3. Mode Online

Mode online adalah cara pemesanan yang disukai di era internet, web, dan seluler saat ini. Keuntungan dari reserve online ini adalah hotel selalu memberikan informasi yang up-to-date mengenai ketersediaan kamar dan kehabisan kamar ,dan juga memudahkan para customernya. 

Keuntungan lain dengan mode online ini , hotel juga dapat meminta para tamu untuk melakukan pembayaran di muka untuk reservasi jauh-jauh hari dan meminimalisir kemungkinan ketidakhadiran.

Contoh Reservations secara Online, diantaranya sebagai berikut:

Website

Web: Tamu melakukan pemesanan melalui browser web seperti situs web hotel atau mesin pemesanan ,agen perjalanan online ( OTA) situs ulasan seperti TripAdvisor, dll.

Mobile Apps

Aplikasi Seluler: Pemesanan dikirim melalui aplikasi seluler milik hotel atau pihak ketiga seperti Traveloka.com.

Media Sosial

Media Sosial:  Pemesanan dilakukan melalui berbagai media sosial seperti facebook, twitter, Instagram, dll.

Dari banyaknya metode yang digunakan di hotel memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing , namun pemanfaatan media Daring atau online itu sangat jauh lebih mudah dan keefektifan nya sangat baik. 


Images Source By: freepik.com

LihatTutupKomentar