ISTILAH KATA DI FOOD AND BAVERAGE SERVICE DI RESTORAN

Istilah kata atau jargon yang sering digunakan pada pelayanan Food and Beverage Service di restoran hotel. Kata yang di pakai untuk mendeskripsikan.


ISTILAH KATA DI FOOD AND BAVERAGE SERVICE DI RESTORAN

Istilah Kata Di Food And Baverage Service

Istilah-istilah kata atau jargon yang sering digunakan pada pelayanan Food and Beverage Service di restoran hotel, mungkin kalian pernah dengar jargon-jargon itu atau kalimat-kalimat istilah berbahasa Inggris yang menggambarkan suatu barang atau kata kerja.

Kata-kata sebutan itu biasanya akan di pakai staf di lingkungan kerja braik itu di restoran atau di kitchen.

Sebutan kata yang mengistilahkan benda hidup maupun benda mati ataupun proses menamakan kumpulan-kumpulan yang mempersingkat dan mempermudah para staf mengkomunikasikan dengan staf lain di lingkungan restoran hotel. 

Istilah-Istilah Yang Digunakan Di Food And Beverage Service

1. A La Carte

A la carte - Daftar menu yang ditawarkan dan diberi harga pada setiap item makanan dan minuman di restoran secara mandiri. 

2. Room Service Menu

Room service menu adalah menu tetap untuk layanan kamar atau menu yang ada di departemen room service.

3. Fixed Menu

Fixed menu adalah menu yang tidak berubah setiap harinya.

4. Cyclical Menu

Cyclical Menu adalah menu yang berubah-ubah setiap hari selama beberapa hari tertentu, misalnya: dari Senin hingga Jumat, lalu seterusnya lagi.

5. Buffet Menu

Buffet menu (Menu Prasmanan) adalah menu ini biasanya menawarkan beberapa hidangan dengan satu harga tetap. Umumnya dikenal sebagai menu prasmanan. 

Jadi misalkan Harga Rp. 150.000 sudah bisa makan sepuasnya di menu perasmanan yang tersedia sama halnya dengan All You Can Eat.

6. Promotion

Promotion adalah dimana cara memasarkan bisnis, dengan mencoba untuk menawarkan kepada orang lain untuk membeli produk dan layanannya. Misal: Promosi online , Promosi media sosial , Promosi TV atau media Visual dll.

7. Lacto-oco-vegetarian

Lacto-oco-vegetarian: Yaitu seseorang yang tidak makan unsur hewani seperti daging, telur dan ikan, tetapi dia hanya makan produk susu, sayuran, dan buah-buahan.

8. Pesco-vegetarian

Pesco-vegetarian - Yaitu seseorang yang tidak makan unsur daging merah tetapi makan produk susu, telur, ikan, sayuran dan buah-buahan.

9. Vegan

Vegan - adalah seseorang vegetarian ketat yang tidak makan produk hewani apapun ,seperti daging hewan ,telur bahkan susu.

10. Buffet Service

Buffet Service - Aneka makanan untuk banyak orang yang biasa di Indonesia sebut dengan prasmanan yang diatur secara menarik untuk para tamu ,dan mereka akan melayani dirinya masing masing.

11. Cart Service

Cart Service - Menyiapkan peralatan makan cutleris dan menyajikan makanan di samping meja tamu menggunakan bantuan Troly atau Tray.

12. Amerikan Servis

Amerikan Servis (Plate Service) - Item pesanan menu tamu yang dimasak dan langsung dihidangkan di piring dari dapur langsung kemudian menu yang sudah diplating dari dapur tersebut langsung disajikan kepada tamu oleh server. Biasanya servis semacam ini sangat efisien dalam hal pelayanan karena tidak ribet dan tidak membutuhkan banyak orang yang terlibat.

13. Platter Service

Platter Service - Sebuah gaya pelayanan makanan di mana server membawa makanan yang sudah dimasak dan di plating di piring yang sebelumnya dibuat di kitchen lalu di bawakan ke ruang makan dan disajikan kepada tamu.

14. Runner

Runner - Staf F&B yang bertugas mengantarkan pesanan dari dapur ke Tray Side Table lalu makanan itu akan diambil dan diberikan kepada tamu oleh waiter.

15. Maitre d'hotel

Maitre d' hotel adalah bahasa Perancis yang menunjukkan sebuah posisi kepala pelayanan seperti Manager dan Supervisor dari outlet F&B. Dia bertugas mengawasi operasional sehari-hari dari outlet Restoran tersebut.

16. Side Table/Side Station

Side table / Side station - Stand Tray atau meja pada ruangan di restoran yang menyimpan persediaan menu yang telah selesai di buat dari dapur untuk di over handle oleh waiter terhadap tamu. 

Tujuan dari side station ini adalah memudahkan layanan dan peralatan untuk akses waiter dalam melayani tamu ,sehingga waiter akan mengambil peralatan makan yang di butuhkan tamu tidak harus ke belakang restoran dahulu. Cukup server mengambilkan nya dari belakang kemudian di taruh di side station.

17. Gueridon trolly / Cart 

Gueridon trolly / cart - Gerobak atau troly dengan meja persegi panjang yang dipasang roda dengan permukaan datar dan berfungsi untuk area kerja, rak, dan unit pemanas.

18. Botters 

Bitters - Minuman beralkohol yang dibumbui dengan tumbuhan herbal seperti kulit kayu, akar, dll. Biasanya digunakan sebagai bahan tambahan penyedap koktail.

19. Cognac 

Cognac - Minuman beralkohol berbahan dasar anggur yang diproduksi di wilayah Congnac Prancis.

20. Liqueur

Liqueur - Minuman bercitarasa manis yang dibuat dengan bahan utama buah-buahan atau ekstrak buah yang disuling ulang.

21. House Brand

House Brand - Merek minuman beralkohol produksi restaurant itu yang digunakan restoran ketika tamu memesan koktail tanpa menyebutkan penggunaan merek tertentu.

22. Baked

Baked - Proses memasak dengan suhu panas bertujuan untuk mematangkan dan mengkeringkan biasanya di memasukan kedalam oven.

23. Boiled 

Boiled - Memasak makanan dalam air mendidih (merebus).

24. Braised

Braised - Menunjukan warna dan tekstur yang kecokelatan dengan sedikit lemak.

25. Broiled

Broiled - Proses memasak dengan sumber panas langsung dari arah atas dan bawah.

26. Grilled

Grilled - Proses memasak makanan di atas arang atau di atas api langsung.

27. Mise-en-scene

Mise-en-scene - Staf akan menyiapkan lingkungan makan di F&B sebelum dipakai tamu dan penyewa ruangan. Seperti contohnya: Meja, Kursi, Platte Dish ,Ruang Meeting, Panggung ,Sound Sistem, Makanan dan Minuman dan lain sebagainya, sehingga sesuai dengan tema yang di pesan tamu.

28. Mise-en-place

Mise-en-place adalah "menempatkan sesuatu di tempat seharusnya" dan istilah ini menunjukkan persiapan tempat kerja ,meeting atau acara tertentu yang bertujuan supaya layanan yang akan di selenggarakan lancar. 

Contoh: Pelayan banquet memastikan bahwa stasiun ini telah dipersiapkan secara efisien untuk meeting.

29. Chafing Dish

Chafing dish adalah peralatan berlubang dan bertutup yang bawah daripada alat ini memiliki tempat api digunakan untuk menjaga makanan tetap hangat biasanya dalam layanan buffet/prasmanan.

30. Hostess

Hostess adalah Staff restoran yang bertugas menerima reservasi dan menyambut yang menjadi Tamu restoran. Artinya jobdesk nya itu berhubungan langsung dengan Tamu ,dia sebagai perwakilan dari perusahaan tersebut.

31. Cover

Cover adalah alat penutup untuk di atas meja yang diperuntukkan untuk menutup makanan yang di meja atau di tray. Ukuran standar penutup adalah 24'' X 18''.

32. Poached

Poached - Proses memasak dalam air yang mendidih sampai menutup semua makanan.

33. Roasted

Roasted - Proses memasak di dalam oven tanpa ditutup dan tanpa di tambahkan air. Hanya mengandalkan panasnya oven saja.

34. Sauteed

Sauteed - Menunjukan warna dan tekstur yang kecokelatan dan didalamnya sedikit minyak dan berlemak.

35. Steamed

Steamed - Proses memasak dengan air mendidih pada pancidi isi air yang menguap dan makanan tidak bersentuhan ke air itu.

36. Stewed

Stewed - Proses mendidihkan dengan perlahan dalam cairan yang cukup dan menutupi makanan hingga makanan matang dan siap di hidangkan.

37. Suggestive Selling

Suggestive Selling - Teknik penjualan yang digunakan oleh server dan waiter untuk meningkatkan kepuasan dan penjualan , dengan mendorong/membujuk tamu agar memesan tambahan makanan dan minumana seperti makanan pembuka , koktail, mocktail, makanan penutup , dll.

38. Tabel turn rate

Tabel turn rate - Jumlah rata-rata waktu tamu menempati meja.

39. POS

POS - Sistem untuk manajement Point of Sale untuk menghasilkan KOT ,pesanan dan tagihan tamu dan memproses pembayaran.

Sistem POS ini banyak di gunakan di Hotel dan restaurant di Indonesia. Kelebihan software dan hardware ini tidak begitu ribet dan mudah di gunakan di banding software lainnya. Contohnya : Realta

40. KOT

KOT - Kitchen Order Ticket atau Tiket untuk menunjukan ada nya pesanan dari sistem di restoran ke sistem komputer yang berada di dapur.


Images source: Pixbay.com, freepik.com

LihatTutupKomentar