ASAL BOOKING | SUMBER-SUMBER RESERVASI DI PERHOTELAN

ASAL BOOKINGAN DAN SUMBER-SUMBER RESERVASI YANG PERUSAHAAN DAPATKAN DI INDUSTRI PERHOTELAN.


Sumber Booking & Reservasi Di Hotel

Banyak sumber permintaan reservasi di hotel ,yang mesti dipikirkan dan didapatkan oleh perusahaan perhotelan. Sumber-sumber reservasi tersebut akan menambah pendapatan bulanan perusahaan ,namun untuk sebuah hotel dapat memiliki sumber reservasi harus memiliki strategi penjualan untuk dapat menjadi daya tarik bagaimana seseorang / perusahaan melakukan pemesanan kamar di hotel kita.

Calon tamu dapat terhubung dengan hotel melalui telepon, email, online, media sosial, perangkat lain, atau sistem rujukan, semuanya dapat menjadi penghubung komunikasi penting antara sumber bisnis dan properti hotel. Naik turunnya sumber bisnis semacam ini ditandai dengan grafik atau statistik pencapaian naik dan turunnya jumlah tamu tiap harinya. Biasanya perusahaan akan mengubah strategi bisnis ketika sebuah strategi marketing tidak dapat menambah jumlah kunjungan tiap harinya.

Penting bagi calon pelanggan untuk mengetahui cara menghubungi pihak hotel agar manajemen penginapan dapat memaksimalkan penjualan kamar tamu. Sebuah properti menerima pertanyaan reservasi dalam berbagai cara. Permintaan reservasi dapat dilakukan secara langsung, melalui telepon, surat, melalui faksimile atau teleks , melalui internet atau online, media sosial (Facebook, Twitter, Instagram), aplikasi seluler, sistem pesan instan (Whatsapp, Telegram, Facebook Messenger ) melalui sistem reservasi pusat , sistem distribusi global atau melalui agen antar penjualan.

Di bawah ini adalah daftar beberapa sumber-sumber pendapatan Tamu Reservasi di sebuah hotel:

Personal Approach

Personal Approach adalah sebuah pendekatan pribadi antara staf front office dan tamu hotel yang datang langsung ke meja resepsionis untuk melakukan reservasi kamar mereka di hotel tersebut.

Mereka juga disebut sebagai FITs ( Free individual travellers ) atau tamu kebetulan. Tamu tersebut juga disebut sebagai chance guests.

Travel Agent

Travel Agent adalah perusahaan perjalanan wisata yang bertindak sebagai perantara antara tamu dan hotel yang melakukan reservasi untuk para tamu mereka. Agen perjalanan dapat membuat reservasi untuk FIT (Wisatawan individu gratis) atau tamu kebetulan.

Tour Operator

Tour operator adalah sebuah makelar perjalanan wisata yang melakukan koordinasi dengan berbagai sumber kebutuhan wisatawan seperti moda transportasi, hotel, tempat wisata, asosiasi kantor pariwisata Dll.

Airlines

Airlines adalah perusahaan penerbangan yang memesan kamar hotel untuk anggota kru pesawat mereka atau untuk klien mereka jika terjadi sebuah pembatalan penerbangan.

Central Reservation System

Central Reservation System: Ada dua tipe dasar sistem reservasi terpusat di satu tempat ini.

1). Affiliate Network  

Jaringan afiliasi atau affiliate network adalah jaringan jaringan hotel di mana semua unit properti hotelnya terhubung melalui jaringan satu pusat. Jaringan hotel mereka menghubungkan juga dengan operasi di hotel mereka untuk memaksimalkan pemrosesan reservasi dan mengurangi biaya sistem secara keseluruhan dan pada saat yang sama, ini juga memungkinkan properti hotel lain untuk bergabung dengan sistem sebagai fasilitas bersama. 

Fasilitas bersama ini akan menerima permintaan reservasi setelah semua ketersediaan kamar di properti afiliasi dalam area tertentu telah habis. Jadi hotel yang kamarnya habis dan dapat tamu untuk menginap di hotel tersebut maka sistem akan mengalihkan tamu tersebut pada hotel lain yang satu jaringan/grup dengan hotel tadi.

2). Non-Affiliated Network

Non-affiliated network adalah sebuah sistem reservasi Non-Affiliated yang menghubungkan properti hotel non-group di seluruh wilayah dan memungkinkan pemilik hotel mendapatkan keuntungan dari sistem reservasi ini. Dan biasanya sistem seperti ini menerima pengiklan perhotelan juga.

Sistem Distribusi Global (GDS)

Sistem Distribusi Global (GDS): Sebagian besar sistem ini adalah tempat pemesanan reservasi digital hotel modern, baik itu koneksi jaringan reservasi afiliasi atau non-afiliasi dengan salah satu sistem distribusi global ( GDS ). GDS terbesar dan paling terkenal di antaranya SABRE, Galileo International, Amadeus dan Worldspan (Travelport). Dan yang terkenal di Indonesia seperti Traveloka.com, booking.com,Tiket.com dll.

GDS menyediakan berbagai informasi reservasi hotel di seluruh wilayah bahkan dunia dan memungkinkan penjualan reservasi hotel di seluruh dunia.

Companies/Corporate Houses

Companies/Corporate Houses: Perusahaan dapat memesan kamar atau layanan lain untuk pengunjung perusahaan ,Staf Eksekutif, Delegasi, atau Klien mereka di hotel dengan harga khusus.

Kantor Kedutaan / Konsulat

Kantor kedutaan / konsulat: Tamu tipe ini biasanya melakukan kunjungan bisnis besar di ibu kota untuk kunjungan para pejabat tinggi, eksekutif, officers dll.

LSM/Organisasi

LSM/Organisasi: Kelompok ini biasanya memesan kamar hotel secara langsung untuk mengadakan seminar, penelitian, program pelatihan, dll.

Universitas Dan Lembaga Pendidikan

Universitas Dan Lembaga Pendidikan: Ini juga kelompok wisatawan untuk asosiasi siswa reservasi. profesor, teknisi dan karyawan ,yang menjadi sumber terpercaya untuk masalah hunian.

Kantor Pemerintah Dan Kementerian

Kantor Pemerintah dan Kementerian: Mereka dapat menjadi sumber reservasi kamar yang baik untuk beberapa pejabat tinggi, eksekutif, pejabat dari berbagai negara untuk berpartisipasi dalam konferensi dan seminar yang diadakan dan diselenggarakan oleh pejabat pemerintah.

Agen Penjualan

Agen Penjualan: Mereka adalah sebuah organisasi bisnis yang melakukan kerjasama, seperti contohnya maskapai penerbangan dan Hotel, mereka akan saling mempromosikan bisnis untuk keuntungan bersama. Hotel dan perusahaan persewaan mobil juga dapat menjadi mitra antar-penjualan.

Referral Groups

Referral Groups: Mereka adalah asosiasi perhotelan informal atau terkadang formal yang merujuk tamu satu sama lain jika kamar mereka terjual habis atau jika tamu bepergian ke kota lain di mana hotel tidak memiliki cabang/grup.

Online

Online: Pemesanan reservasi yang dilakukan langsung melalui situs web hotel, media sosial, widget obrolan di situs web hotel, platform pesan instan seperti Whatsapp, Facebook Messenger, dll.


Images Source Bye: Freepik.com

LihatTutupKomentar