UNIFORMED SERVICES | LAYANAN KHUSUS TAMU HOTEL

UNIFORMED SERVICES | SEBUAH LAYANAN KHUSUS YANG DI SEDIAKAN UNTUK MEMBANTU TAMU YANG MENGINAP DI HOTEL.

UNIFORMED SERVICES | LAYANAN KHUSUS TAMU HOTEL

Departemen Uniformed Services | Layanan Khusus Tamu Di Hotel

Karyawan yang bekerja di uniformed service department hotel umumnya memberikan layanan khusus pada tamu yang lebih personal.

Para staf ini akan memberikan perhatian lebih kepada para tamu hotel untuk memberikan kesan yang baik.

Uniformed service department ini juga membantu para tamu yang datang untuk check-in dan tamu yang check-out ,biasanya staf akan memberikan pelayanan seperti membantu membawakan barang tamu, membukakan pintu dan memarkirkan kendaraan dll. 

Uniform Service ini juga sering disebut sebagai "tipped employees" karena dengan membantu para tamu mereka akan diberikan uang tip atas apa yang mereka kerjakan dan bentuk sebagai ucapan terima kasih dari tamu yang telah dibantu oleh nya.

Posisi-posisi yang termasuk di dalam Uniformed Service Department di antaranya:

Bell Attendant

Bell Attendant adalah orang yang menyediakan pelayanan bagasi tamu ,membawakan barang barang tamu dari mobil ke kamar tamu biasanya dengan menggunakan bantuan troli barang.

Door Attendant

Door Attendant adalah orang yang menyediakan layanan bantuan di tepi pintu masuk hotel yang bertugas membukakan pintu untuk para tamu yang masuk ke lobby utama. 

Valet Parking

Valet Parking Attendant adalah orang yang menyediakan pelayanan parkir untuk mobil tamu ,seperti memindahkan mobil tamu ke tempat parkir yang kosong.

Transportation Personnel

Transportation Personnel adalah orang yang menyediakan pelayanan transportasi untuk tamu hotel.

Concierges

Concierges adalah orang yang membantu tamu dengan membuat reservasi restoran,memesankan transportasi untuk tamu, mendapatkan tiket teater, olahraga dan spa dll.

Nah itulah posisi-posisi pada Departemen uniform service yang pada intinya mereka bertugas untuk melayani para tamu yang yang mulai dari lobi utama sampai kamar.

Di bawah ini penjelasan lengkap mengenai posisi posisi di atas mengenai kriteria tanggung jawab dan tugas tugasnya.

Bell Attendant

Banyak Tamu tiba di hotel dengan membawa koper yang banyak dan berat sehingga tidak mungkin untuk membawanya sendiri ke kamar. Maka dari itu dibutuhkan lah seseorang yang membantu untuk membawakan barang-barang tersebut sampai di kamar.

Pemilihan bell attendant harus dilakukan dengan hati-hati, karena sebagian besar hotel memiliki gerobak atau troli bagasi untuk mengangkut barang, kemampuan fisik yang harus benar-benar diperhatikan meskipun membawa bagasi bukanlah kualifikasi pekerjaan yang penting. 

Lebih penting lagi, petugas bell desk harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan harus mampu memberikan layanan yang dipersonalisasi kepada setiap tamu.

Makanya posisi ini sering menggunakan staf laki-laki dikarenakan terkait dengan kemampuan fisik.

Di bawah ini adalah beberapa tugas yang dilakukan oleh seorang bellman. Meskipun tugas yang disebutkan tampak sederhana, semuanya membutuhkan tingkat profesionalisme.

  • Membawakan barang bawaan tamu dari kamar atau menuju kamar.
  • Menyediakan area yang aman untuk tamu yang membutuhkan penitipan bagasi sementara.
  • Staf mampu memberikan informasi tentang layanan dan fasilitas hotel.
  • Mengantar tamu ke kamar tamu.
  • Kirim surat, paket ,pesan , dan fasilitas khusus ke kamar tamu.
  • Mengambil dan mengantarkan cucian dan dry cleaning tamu.
  • Dan dapat melakukan pelayanan membersihkan ringan di area Lobby dan pintu masuk hotel.
  • Dapat membantu tamu memuat dan menurunkan barang bawaan mereka tanpa adanya bantuan door attendant.
  • Dapat membantu tamu yang memiliki kebutuhan khusus atau disabilitas, dengan memberikan kursi roda atau alat bantu berjalan lainnya.

Door Attendants

Door Attendants adalah divisi yang memainkan peran yang mirip dengan bellmen ,mereka mendedikasikan untuk menyambut tamu pada pintu lobby hotel.

Untuk posisi ini biasanya ditemukan hanya di hotel hotel berkelas atau hotel bintang 5 yang memiliki pelayanan lengkap. 

Door Attendant harus memiliki keterampilan dan pengalaman kerja yang baik karena dituntut untuk memiliki pribadi yang ramah ,seperti harus menghafalkan nama-nama tamu yang sering datang ke hotel dan menyambutnya dengan menyebut nama tamu tersebut sehingga akan memberikan kesan yang baik nan unik pada hotel itu.

Beberapa tugas Door Attendant adalah:

  • Membuka pintu hotel dan membantu tamu pada saat kedatangan .
  • Membantu tamu dan menurunkan barang bawaan dari kendaraan.
  • Mengantar tamu ke area resepsionis hotel.
  • Mengontrol arus lalu lintas kendaraan dan keamanan di pintu masuk hotel.
  • Memanggil taksi, berdasarkan permintaan.
  • Membantu layanan parkir valet .
  • Melakukan layanan kebersihan ringan di lobi dan area masuk.

Valet Parking Attendant

Valet Parking attendants umumnya tersedia di hotel hotel besar atau hotel bintang 5 yang memiliki pelayanan lengkap dan mewah.

Stop valet parking harus memiliki wawasan khusus terkait memarkirkan kendaraan para tamu.

Personal attention terhadap keamanan layanan parkir demi menjaga terjaganya dari hal-hal yang tidak diinginkan terkait barang-barang milik tamu hotel.

Tamu tidak perlu khawatir menemukan tempat parkir, berjalan ke hotel dalam cuaca buruk, atau menemukan kendaraan mereka di tempat parkir. Beberapa hotel mengenakan biaya untuk layanan ini. Hotel biasanya mengenakan biaya yang lebih tinggi untuk parkir valet daripada parkir mandiri sehingga mobil para tamu itu akan diurusi oleh staf parkir dan kamu tidak perlu susah payah.

Selain membayar biaya yang lebih tinggi untuk parkir valet, tamu juga cenderung memberi tip kepada petugas parkir valet untuk layanannya.

Petugas parkir valet juga bertanggung jawab atas keamanan kendaraan yang dipindahkan ke dan dari pintu masuk hotel. Petugas tidak boleh membawa mobil ke perawatan mereka tanpa memberikan tanda terima kepada tamu. Biasanya dalam bentuk tiket. 

Kunci kendaraan harus disimpan di tempat yang aman, dan hanya dikeluarkan oleh orang yang berkualifikasi. Mobil hanya boleh dikembalikan kepada tamu ketika mereka mengembalikan tanda terima atau tiket yang dikeluarkan oleh petugas sebelum mereka dapat menerima kunci mereka. 

Jika Kunci hilang atau diberikan kepada orang yang salah, kendaraan dapat dianggap tidak dapat dioperasikan atau dianggap dicuri dan hotel dapat dimintai pertanggungjawaban keuangan untuk hal yang sama.

Transportation Personal

Transportasi pribadi atau Driver Peribadi ini harus terlatih dengan baik dan memiliki lisensi yang khusus untuk mengoperasikan kendaraan.

Karena pengemudi ini merupakan kontak pertama tamu dengan hotel, penting bagi mereka untuk bersikap sopan, efisien, dan memiliki pengetahuan yang luas. 

Pengemudi juga harus menawarkan handuk panas/dingin sesuai cuaca dan air minum kemasan kepada tamu. Biasanya pengemudi memberikan beberapa informasi tentang hotel saat transit, baik melalui presentasi lisan langsung atau rekaman audio. 

Pengemudi juga harus membantu tamu masuk dan keluar kendaraan. Pengemudi berpengalaman secara efisien dan hati-hati memuat barang bawaan tamu ke dalam bagasi mobil. Driver juga harus menginformasikan kepada hotel sebelum para tamu mencapai hotel. Hal ini memungkinkan pihak hotel untuk mempersiapkan dan menyiapkan prosedur check in sebelum kedatangan tamu di hotel.

Biasanya pelayanan ini khusus untuk menjemput tamu dari bandara ke hotel.

Concierge

Concierge memiliki tugas untuk pramutamu yang memastikan bahwa semua penghuni aman di kamar mereka di malam hari. Dan biasanya akan dikenakan charge untuk para tamu yang membutuhkan bantuan concierges , seperti membantu menyelesaikan pengaturan makanan, reservasi restoran dan penginapan.

Concierges juga sering disebut sebagai staf pribadi dari hotel yang akan membantu melayani tamu hotel. Dan biasanya staf khusus ini tersedia di hotel-hotel mewah dan berbintang.

Pramutamu dapat dengan mudah diidentifikasi dengan kunci silang emas menonjol yang ditampilkan di kerah jaket mereka. Untuk mendapatkan kunci ini, pramutamu harus disertifikasi oleh international association of concierges ,yang dikenal sebagai Les Clefs d'Or (Golden Keys).

Pramutamu atau concierge dapat menyediakan layanan khusus untuk tamu hotel. Yang termasuk kedalam tugas-tugasnya seperti membuat reservasi untuk makan; mengamankan tiket untuk teater dan acara olahraga; mengatur transportasi; dan memberikan informasi tentang acara budaya dan atraksi di hotel. 

Concierge dikenal karena resourcefulness (kepintarannya). Mendapatkan tiket konser yang terjual habis atau membuat reservasi makan malam di menit terakhir di restoran yang ramai adalah bagian dari tanggung jawab dan skill hebat pramutamu ini. 

Yang pada mestinya untuk menjadi seorang concierge yang sangat terkenal harus memiliki kemampuan berbicara beberapa bahasa asing.


Images Source By: freepik.com

LihatTutupKomentar