TIPS MEMBUAT PERNYATAAN VISI DAN MISI HOTEL

TIPS BAGAIMANA CARA MEMBUAT SEBUAH PERNYATAAN TUJUAN, VISI DAN MISI SEBUAH BISNIS PERHOTELAN.
TIPS MEMBUAT PERNYATAAN VISI DAN MISI HOTEL


Tips Membuat Pernyataan Visi Dan Misi Sebuah Hotel

Setiap organisasi atau perusahaan biasanya memiliki alasan atau tujuan dengan adanya mereka. Alasan seperti itulah yang akan membentuk dasar untuk membuat misi dan pencapaian organisasi.

Misi organisasi dapat diekspresikan dalam pernyataan yang akan menjadi patokan mereka bekerja, yang mendefinisikan tujuan unik yang membedakan satu hotel dengan hotel lainnya.

Dari tujuan itulah, karyawan hotel harus dapat memahami tujuan dan arah kebijakan hotel.

Misalnya, misi hotel mungkin untuk menyediakan fasilitas dan layanan terbaik di pasar industri penginapan, sambil menyediakan tempat yang baik untuk bekerja bagi karyawannya dan menghasilkan pendapatan yang wajar untuk investasi pemiliknya.

Pernyataan misi harus membahas tiga unsur utama , yaitu sebagai berikut:

  1. Guests (Tamu)
  2. Hotel Management (Manajemen hotel)
  3. Employees (Karyawan)

Tamu

Pernyataan misi ini harus membahas kebutuhan dasar dan harapan bagi para tamu mereka. Kita dapat berasumsi bahwa semua tamu akan memiliki harapan dasar:

  1. Keselamatan dan keamanan menginap di hotel kita.
  2. Kamar bersih, nyaman dan memiliki area umum.
  3. Staf profesional dan ramah.
  4. Fasilitas dan peralatan terpelihara dengan baik.
  5. Service Terbaik.

Manajemen Hotel 

Pernyataan misi hotel harus mencerminkan filosofi manajemennya. Karena gaya setiap operasional berbeda, pernyataan misi akan sangat bervariasi dari satu manajemen hotel dengan manajemen hotel lainnya. Pernyataan misi ini menjadi tolak ukur manajer dalam melaksanakan pekerjaan mereka dengan mengidentifikasi nilai-nilai dasar hotel. Di atas semua misi hotel adalah salah satu sarana prinsip, yang digunakan untuk membedakan prinsip dari hotel lain.

Karyawan 

Pernyataan misi harus membantu karyawan hotel memenuhi atau melampaui harapan tamu dan manajemen. Pernyataan misi juga dapat berfungsi sebagai dasar untuk mendeskripsikan pekerjaan dan standar kinerja dan sebagai pengantar dasar untuk karyawan baru. Misi ini juga harus muncul di buku pegangan karyawan dan prosedur manual pelatihan bersama dengan deskripsi pekerjaannya.

Contoh Pernyataan Misi

"Misi hotel kami adalah untuk menyediakan fasilitas dan layanan penginapan yang luar biasa bagi para tamu kami. Hotel kami akan berfokus pada perjalanan bisnis dan liburan individu, serta perjalanan yang terkait dengan pertemuan antara kelompok. Kami menekankan standar kualitas tinggi di setiap departement kamar dan makanan dan minuman kami. Kami memberikan pengembalian investasi yang adil bagi pemilik kami dan menyadari bahwa ini tidak dapat dilakukan tanpa karyawan yang terlatih, termotivasi, dan antusias."

Sasaran:  Sasaran adalah aktivitas dan standar dari organisasi harus berhasil melakukan atau mencapai untuk melaksanakan misinya secara efektif. Tujuan lebih spesifik daripada misi; itu membutuhkan tingkat pencapaian tertentu yang dapat diamati dan diukur.

Sasaran yang terukur mendorong karyawan hotel untuk bekerja secara efektif sekaligus memungkinkan manajemen memantau kemajuan karyawan. Manajemen dapat menentukan apakah tujuan sudah tercapai atau mungkin tindakan korektif harus diperlukan.

Contoh sasaran front office yang terukur:

  • Meningkatkan tingkat penyewaan hunian rata - rata hotel sebesar dua persen di atas tingkat tahun sebelumnya.
  • Meningkatkan volume bisnis tamu berulang sebesar 10 persen.
  • Kumpulkan kartu GSTS dari 95 persen semua tamu saat checkout.
  • Memaksimalkan waktu check-in dan check-out dua menit lebih cepat.


Images Source By: freepik.com

LihatTutupKomentar