TIPS MEMBLOKIR | BOOKING KAMAR UNTUK TAMU RESERVASI

TIPS BAGAIMANA CARA MELAKUKAN PEMBLOKIRAN ATAU BOOKING KAMAR UNTUK TAMU YANG MELAKUKAN RESERVASI DI HARI TERTENTU YANG DI TETAPKAN.
TIPS MEMBLOKIR|BOOKING KAMAR UNTUK TAMU RESERVASI


Tips Memblokir Kamar | Booking Kamar Untuk Tamu Yang Melakukan Reservasi.

Room blocking adalah proses menutup fasilitas kamar untuk orang lain dan hanya ditujukan untuk tamu yang sudah memesan sebelumnya. Di Beberapa hotel, proses ini dilakukan satu atau dua hari sebelumnya. 

Meskipun Departemen Front Office dapat memblokir kamar yang diinginkan sebelumnya, FO juga bertanggung jawab untuk menetapkan kamar tamu yang sesuai dengan persyaratan khusus yang dibuat oleh para tamu pada saat reservasi. 

Poin-poin di bawah ini akan membantu anda mengarsipkan pemblokiran ruangan yang tepat.

  1. Cetak daftar kedatangan dengan rinci untuk kedatangan hari berikutnya. Catatan yang menunjukkan informasi tamu tambahan seperti tanggal kedatangan, tanggal keberangkatan , jenis kamar yang dipesan, tarif kamar , status VIP , jumlah masa inap sebelumnya, waktu kedatangan, jenis kelamin, fitur khusus kamar (merokok / bebas rokok), fitur khusus tamu, dll.
  2. Blok kamar sesuai dengan tipe kamar yang dipesan tamu. Jika tipe kamar tidak tersedia maka usahakan untuk melakukan upgrade kamar sama seperti kamar yang diminta tamu dan sesuaikan fasilitas sesuai prosedur dan kebijakan hotel.
  3. Jika ada permintaan khusus kamar seperti merokok / bebas rokok, jauh dari lift dll maka cari kamar yang sesuai dengan persyaratan ini dan kemudian alokasikan kamar.
  4. Jika anda memblokir connecting room (kamar yang baru di kosongkan dan anda akan memblokir nya untuk kedatangan lain pada hari itu), maka selalu periksa waktu kedatangan tamu. Berikan waktu yang cukup bagi HK untuk menyiapkan kamar untuk kedatangan berikutnya.
  5. Berhati-hatilah saat memblokir kamar untuk tamu VIP setelah memblokir kamar, anda dapat meletakkan 'Trace' atau mengirim voucher permintaan ke departemen lain untuk menempatkan fasilitas VIP di kamar. Jika software PMS /hotel memiliki fitur super block kamar , maka aktifkan fitur ini. Ini akan memastikan bahwa tidak ada staf Front Office lain yang dapat membatalkan pemblokiran dan mengalokasikan kamar ini untuk tamu lain.
  6. Saat upgrading status tamu ke kategori yang lebih tinggi, anda harus selalu mempertimbangkan tidak ada kunjungan sebelumnya untuk tamu yang sama, tarif kamar ,kepentingan klien jika pemesanan berasal dari perusahaan, penunjukan tamu, dll.
  7. Untuk wanita lajang jangan memblokir tipe connecting room yang saling terhubung, dan jika hotel anda memiliki area lebih / kamar wanita yang terpisah maka blokir itu.
  8. Alokasi kamar harus dilakukan sesuai dengan status reservasi yaitu pemesanan yang dikonfirmasi tamu / dijamin dengan uang muka maka akan perbolehkan untuk diblokir terlebih dahulu. Pemesanan dalam Daftar Tunggu / Tentatif dapat diblokir nanti.
  9. Tamu penyandang disabilitas mungkin membutuhkan kamar yang dilengkapi dengan kebutuhan khusus mereka, fasilitas atau layanan khusus yang diperlukan pada saat pemesanan. Selalu disarankan untuk memblokir kamar-kamar ini jauh-jauh hari sebelumnya.
  10. Beberapa tamu mungkin memiliki syarat khusus tentang kamar tertentu yang paling mereka nikmati dan mereka mau. Coba dan blokir tipe kamar ini untuk jenis tamu-tamu ini.


Images Source By: freepik.com, pixabay.com

LihatTutupKomentar