STRUKTUR ORGANISASI HOUSEKEEPING DI HOTEL BINTANG 5 | SEDANG | KECIL

BAGAN | STRUKTUR ORGANISASI DEPARTEMEN HOUSEKEEPING DI HOTEL BINTANG 5 | SEDANG | KECIL | GRUP HOTEL PADA HOSPITALITY INDUSTRY.
STRUKTUR ORGANISASI HOUSEKEEPING DI HOTEL BINTANG 5 | SEDANG | KECIL


Struktur Organisasi Departemen Housekeeping - Hotel Besar | Hotel Kecil | Hotel Sedang | rantai hotel

Bagan organisasi Departemen Housekeeping harus memberikan gambaran yang jelas mengenai setiap jalur kewenangan dan tanggung jawab setiap individu di dalamnya.

Bagan Housekeeping juga akan memperincikan mengenai jalur kewenangan dan saluran komunikasi pada departemen yang terkait.

Struktur organisasi Housekeeping juga biasanya di masuk dalam bagan ,atau memang bagan itu adalah visualisasi dari struktur organisasi.

Bagan Departemen Housekeeping tidak hanya memberikan arah pesan yang sistematis namun juga melindungi karyawan agar tidak mendapatkan arahan yang berlebihan dari orang yang bukan atasannya. bagan tersebut menunjukkan bahwa setiap staf karyawan harus menerima pesan hanya dari orang yang berada tepat di atas posisinya.

Bagan tersebut harus dipampangkan di suatu area sehingga semua staf housekeeping dapat melihat di mana posisi mereka bertugas dan komando perintah dari atasannya. Biasanya juga semua hotel menempatkan bagan organisasi pada ruangan yang biasa digunakan untuk briefing harian.

1. Struktur Organisasi Departemen Housekeeping Hotel Besar / Bintang 5 / Layanan Lengkap

Departemen HK di sebuah hotel besar atau Hotel Bintang 5 dipimpin oleh executive housekeeper. Dia melapor kepada general manager atau resident manager, atau juga rooms division manager di sebuah hotel besar. Dalam kasus case of a chain executive housekeeper juga melapor kepada director of housekeeping, yang mengepalai departemen tata graha di semua hotels of that chain.

Deputy Housekeeping membantu Executive Housekeeping dan, tergantung pada ukuran properti ruangan ,ada juga asisten Housekeeping yang mengurus berbagai bidang tanggung jawab di hotel, yaitu, lantai, area umum , ruang linen , dan control desk room. 

Bagan Organisasi Housekeeping di sebuah hotel besar juga berisi beberapa supervisor untuk setiap bagian housekeeping seperti Laundry, Desk Control, Floor Supervisor, Public Area Supervisor, Night Supervisor dll. Masing-masing supervisor ini melapor kepada Asisten Housekeeper atau Executive Housekeeper.

Lebih jauh ke bawah struktur organisasi Housekeeping, juga memiliki staff bernama Room Boys , Housekeeping Attendant, Laundry Attendant, Gardeners, Tailors,  Florist , Trainee, Apprentice dll. 

2. Struktur Organisasi Departemen Housekeeping -Hotel Menengah / Hotel Bintang 3-4 / Hotel Layanan Kelas Menengah

Departemen HK di hotel Medium Size atau Hotel Bintang 3-4 dipimpin oleh Executive Housekeeping dan dia akan melaporkan tugasnya kepada General Manager  dalam kasus manajemen perhotelan Executive HK  juga melapor kepada director of Housekeeping, yang mengepalai departemen tata graha di semua hotels of that chain.

Deputy Housekeeping membantu Executive Housekeeping dan menjaga berbagai bidang tanggung jawab di hotel, yaitu, lantai, area umum, ruang linen, kontrol meja dan staf, dll.

Bagan Organisasi Housekeeping di hotel Medium juga berisi beberapa supervisor untuk setiap bagian housekeeping seperti Laundry, Desk Control, Floor Supervisor, Public Area Supervisor dll. Masing-masing supervisor ini melapor kepada Asisten Housekeeper atau Executive Housekeeper.

Lebih jauh ke bawah struktur organisasi Housekeeping, juga memiliki Room Boys, Housekeeping Attendant, Laundry Attendant, Gardeners, Tailors, Trainee, Apprentice, dll. 

3. Struktur Organisasi Departemen Housekeeping - Hotel Kecil / Hotel Bintang 1-2 / Hotel Low Service 

Departemen Housekeeping di hotel Kecil atau Hotel Bintang 1-2 dipimpin oleh seorang Executive Housekeeping atau Housekeeping Manager. Dia akan melaporkan tugasnya kepada General Manager. Dalam kasus case of a chain, Executive Housekeeping juga melaporkan tugasnya kepada director of housekeeping, yang mengepalai departemen HK di semua manajemen perhotelan itu.

Di hotel kecil, executive housekeeper mengontrol dan mengawasi berbagai bidang tanggung jawab di hotel, yaitu, lantai, area umum, ruang linen, kontrol meja, inventaris dan staf, dll.

The Housekeeping Organization Chart di hotel ini hanya memiliki dua orang supervisors saja, satu untuk desk control dan untuk mengawasi linen ,untuk supervisor satunya lagi untuk mengelola semua aspek kamar dan area publik. Kedua supervisor ini melapor ke Housekeeping Manager atau EHK.

Lebih jauh ke bawah struktur organisasi Housekeeping memiliki beberapa posisi penting lainnya seperti Room Boys, Housekeeping Attendant, Laundry Attendant, Gardeners, Tailors, Trainee, Apprentice, dll. 

4. Bagan Organisasi Departemen Housekeeping Pada Jenis Hotel Bisnis

Housekeeping Departement pada jenis hotel bisnis dipimpin oleh Housekeeping eksekutif yang akan melaporkan tugasnya kepada General Manager.

Dalam kasus hotel of the chain , Executive housekeeping akan melaporkan juga kepada Housekeeping direction yang juga mengepalai seluruh Departemen housekeeping pada hotel tersebut.

Assistant housekeeper membantu Executive housekeeping dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab setiap hari dan mengurusi berbagai tanggung jawab HK seluruh hotel , seperti floors, public areas, the linen room, desk control, inventory and staffing dll.

Bagan Organisasi Housekeeping di Hotel Bisnis juga berisi beberapa supervisor untuk setiap bagian housekeeping seperti Laundry, Desk Control, Floor Supervisor, Public Area Supervisor dll. Masing-masing supervisor ini melapor kepada Asisten Housekeeper atau Executive Housekeeper.

Lebih jauh ke bawah pada struktur organisasi Housekeeping, juga memiliki berbagai posisi yang penting seperti Room Attendant , Public Area Attendant, Mini Bar Attendants, Laundry Attendants, Gardeners, Tailors, Trainee, Apprentice dll. 

5. Struktur Organisasi Departemen Housekeeping Jaringan Hotel Atau Grup Hotel

Departemen housekeeping di jaringan hotel besar dipimpin oleh Director Housekeeping atau General Manager Housekeeping. 

Executive Housekeeping di setiap unit hotel akan melaporkan tugasnya kepada direktur housekeeping yang mengepalai seluruh Departemen housekeeping di semua group hotel tersebut.

Deputy Housekeeping membantu tugas dan tanggung jawab Executive housekeeping yang ditentukan dengan ukuran properti tertentu. Ada juga Housekeeping Executive Asisten yang membantu berbagai tugas dan tanggung jawab pada hotel tersebut seperti ,floors, public areas, the linen room, dan desk control.

Bagan Organisasi Housekeeping pada sebuah hotel bintang 5, juga berisi beberapa supervisor untuk setiap bagian housekeeping seperti Laundry, Desk Control, Floor Supervisor, Public Area Supervisor, Night Supervisor dll. Masing-masing supervisor ini melapor kepada Asisten Housekeeper atau Executive Housekeeper.

Lebih jauh ke bawah struktur organisasi Housekeeping di hotel bintang 5 ini juga memiliki Room boys, Housekeeping Attendant, Laundry Attendant, Gardeners, Tailors, Florist, Trainee, Apprentice, dll. 



Images Source Bye: freepik.com

LihatTutupKomentar