PERMASALAHAN PERAWATAN KAMAR OLEH HOUSEKEEPING

BERBAGAI PERMASALAHAN DALAM PERAWATAN PERALATAN DI KAMAR HOTEL YANG SERING TERJADI OLEH HOUSEKEEPING.
PERMASALAHAN PERAWATAN KAMAR OLEH HOUSEKEEPING


Permasalahan Perawatan Kamar Yang Sering Terjadi Oleh Housekeeping

Housekeeping departement adalah lini pertama dalam mempersiapkan dan merawat kamar tamu yang akan menginap di sana.

Dan salah satu orang yang memegang kunci atas apa yang yang akan terjadi ketika terdapat kekurangan atau terjadi masalah pada fasilitas barang-barang di sebuah kamar yang menyebabkan tamu merasakan ketidakpuasan.

Contoh kasus misalnya ketika terjadi lampu bohlam pada kamar itu padam maka kamu akan kebingungan ketika menyalakan lampu dan kembali ke resepsionis untuk memberitahukan masalah ini.

Hal ini adalah hal sepele yang sepatutnya tidak terjadi.

Dengan menyiapkan sistem proaktif di mana karyawan mengenali kekurangan, melaporkannya, dan memperbaikinya sebelum ada yang menyewa kamar, tim hotel dapat menghindari ketidakpuasan tamu.

Ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh staf housekeeping yang bertanggung jawab untuk melaksanakan pengecekan ruangan dan juga pengecekan peralatan keperluan dasar tamu di kamar, dalam mencapai kepuasan menginap para tamunya.

Dibawah ini hal-hal yang harus di sesuaikan dengan standar kamar yang harus dicapai oleh setiap industri perhotelan. Di antara permasalahan permasalahan yang sering terjadi, yang akibat dari beberapa faktor mulai dari keteledoran staf housekeeping (Room Boy) atau faktor lain yang menimbulkan masalah seperti contohnya di bawah ini. 

Sleep Set

Sleep Set adalah situasi jalanan 2 orang tamu yang tidur pada kasur namun kasur tersebut melorot ke bawah karena terdapat kesalahan penempatan kasur pada rangkanya. Staff housekeeping biasanya dengan mudah dapat melihat kasur yang tidak sesuai maka yang harus dilakukan adalah putar kasur sesuai dengan titik tumpunya dan jika perlu dapat mengganti dengan yang baru.

Heating/ Air Conditioning

Jika pada saat membersihkan kamar maka check lah pendingin ruangan bekerja dengan semestinya jika terjadi kejanggalan suhu pada ruangan terasa panas maka kemungkinan tamu yang akan menginap pun merasakan hal yang sama. 

Room Boy harus segera mengkoordinasikan dengan engineering department untuk memperbaiki masalah tersebut.

TV, Radio, Telepon

Uji radio dan TV sambil membersihkannya. Saat menyeka telepon, pastikan telepon dan peralatan elektronik lainnya berfungsi dengan baik.

Bedspreads (sprei)

Sprei yang pudar adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh sebagian besar tamu. Karena kesan pertama sangat penting, laporkan dan ganti spread yang aus tersebut dengan yang baru.

Lighting (pencahayaan)

Jika Room Boy menganggap ruangan tampak gelap, dan lampu tidak menyala pada saat dinyalakan ,tamu mungkin merasakan hal yang sama juga. Jadi periksa penempatan setiap lampu, watt masing-masing bohlam dan apakah sakelar/perlengkapan berfungsi dengan baik jika tidak melaporkan pada engineer.

Pintu

Perangkat keras pintu yang tidak berfungsi dengan baik mengganggu semua orang dan berpotensi menimbulkan masalah keamanan. 

Jika mendapat kesulitan saat masuk kamar untuk membersihkannya, kenali hal tersebut dan laporkan keadaannya dan pastikan pintu diperbaiki sebelum menyebut kamar " Kosong dan Siap " pada front desk office.

Toilet

Toilet adalah instrumen yang paling dibutuhkan pada kamar ,jika terjadi kejanggalan pada setiap keran atau aliran air yang tidak lancar maka harus melaporkan kondisi tersebut ke bagian Engineering department dengan segera.

Vanity Dan Tub

Porselen yang berkilau dapat membuat pelanggan merasa ruangan lebih bersih, terutama jika kain nya mengkilap. Menggunakan kain kering dan tidak meninggalkan bekas pada saat memolesnya akan nampak hasil yang sempurna.

Perhatikan noda, tetesan, atau perangkat keras yang terkorosi.

Towels (Handuk)

Towels hotels akan menggambarkan suasana sentuhan yang lembut dan halus ,itulah kesan orang orang pada peralatan hotel untuk semua jenis kain yang di pakainya. Handuk yang lembut dan bebas daripada kotoran dan terlihat seperti baru itu akan membuang rasa jijik pada benda yang sudah dipakai oleh orang lain. Maka pastikanlah handuk yang dipakai itu benar-benar bersih seperti baru.

Bathroom Walls (Dinding Kamar Mandi)

Dinding yang terbuat dari bahan baku vinyl itu akan sangat mudah terkelupas ,hal itu akan memberikan kesan pada semua tamu bahwa kamar mereka tidak sesuai yang diharapkan. Pada saat membersihkan kamar room boy harus memeriksa dinding kamar mandi tersebut bersih dan tidak mengelupas jika terjadi masalah maka cepat hubungi Departemen terkait untuk memperbaiki.

Water Temperature

Bahwa kita tahu setiap kamar mandi di hotel terdapat dua jenis air yang dapat kita gunakan yaitu air dingin dan air panas , agar menjaga keamanan cek suhu air sesuaikan dengan standar ,jika terjadi kejanggalan laporkan. 

Pastikan berapa lama yang dibutuhkan suhu air tersebut mencapai titik panas yang diinginkan.

Ventilation 

Jika cermin di kamar mandi itu berembun saat kamar mandi sedang dibersihkan, embun tersebut mungkin membuat tamu akan kecewa. Periksa kipas ventilasi dan jaga kebersihannya.


Images Source Bye: freepik.com, pixabay.com

LihatTutupKomentar