ISTILAH-ISTILAH | JARGON YANG DI PAKAI DI HOUSEKEEPING HOTEL

ISTILAH-ISTILAH ATAU JARGON KATA KUNCI YANG DI GUNAKAN DI DEPARTMEN HOUSEKEEPING HOTEL.
ISTILAH-ISTILAH | JARGON YANG DI PAKAI DI HOUSEKEEPING HOTEL


Istilah Kata atau Jargon Yang digunakan Di Departemen Housekeeping

Istilah-istilah kata kunci yang digunakan di departemen Housekeeping hotel banyak sekali, yang mana bertujuan menggambarkan sebuah objek atau proses yang di lakukan di Divisi Housekeeping.

Apa kalian sudah tahu istilah-istilah yang sering digunakan atau ditemukan pada Departemen housekeeping. Ada 43 istilah kata yang kami kumpulkan diantaranya:


  1. Housekeeping Status report
  2. Preventive maintenance
  3. Room Status Discrepancy
  4. Routine maintenance
  5. Schedule maintenance
  6. DND Card
  7. Double Locked (DL)
  8. DNCO (Did Not Check Out)
  9. Turn down Service
  10. Deep cleaning
  11. Area inventory List
  12. Frequency Schedule
  13. Non - Recycled inventories
  14. Recycled inventories
  15. Part Number
  16. Floor Par
  17. Master Key
  18. Grand Master / Emergency Key
  19. Guest room key
  20. Room inspection
  21. Amenity
  22. Back of the house
  23. Back to back
  24. Make up
  25. On-change
  26. Buffing
  27. Burnishing
  28. Capital budgets
  29. Cleaning supplies
  30. Luggage rack
  31. Linen chute
  32. Mitering
  33. Vacant and ready
  34. Out-of-order
  35. Lockout
  36. Hand Caddy
  37. Check-out
  38. Due out
  39. Stay Over
  40. Occupied
  41. Sleep-out
  42. Skipper
  43. Sleeper

Kata-kata tersebut merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang biasanya menjadi kunci operasi dalam bekerja (Key Term of Service).

Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak artikel di bawah ini

Housekeeping Status Report

Housekeeping Status Report adalah istilah laporan yang dibuat oleh Departemen Housekeeping untuk menunjukkan status terkini setiap kamar hotel ,berdasarkan pemeriksaan secara fisik.

Preventive Maintenance

Preventive Maintenance adalah istilah pemeliharaan peralatan dimana mengatasi sebuah masalah dengan cara melakukan tindakan pendekatan sistematis ,situasi akan diidentifikasi dan diperbaiki secara teratur. cara seperti ini akan membantu mengendalikan biaya dan mencegah terjadinya masalah yang lebih besar.

Room Status Discrepancy

Room Status Discrepancy adalah istilah situasi kamar yang diinformasikan atau dilaporkan oleh departemen housekeeping bahwa kamar berbeda dari status kamar pada front desk.

Routine Maintenance

Routine Maintenance adalah istilah untuk kegiatan yang berkaitan dengan pemeliharaan umum properti yang terjadi setiap hari dan keberlanjutan, proses ini juga membutuhkan pelatihan atau keterampilan khusus yang dilakukan.

Schedule Maintenance

Schedule Maintenance adalah istilah untuk kegiatan yang berkaitan dengan pemeliharaan umum semua area dan peralatan hotel yang dimulai melalui  formal work-order.

DND Card

DND card adalah istilah untuk kartu peringatan yang digantung di luar pintu ,untuk menginformasikan kepada staf hotel atau pengunjung lain untuk tidak mengganggu.

Double Locked (DL)

Double Locked (DL) adalah istilah untuk ruangan yang ditempati di mana sudah terkunci otomatis dari dalam ketika pintu ditutup bertujuan untuk melarang masuk dari arah koridor. Hanya kartu grand master key dan emergency key lah yang dapat membukanya.

DNCO (Did Not Check Out)

DNCO (Did Not Check Out) adalah istilah untuk tamu membuat pengaturan untuk menyelesaikan pembayaran tagihan nya lewat rekening, maka dari itu tamu tidak boleh meninggalkan hotel sebelum menyelesaikan urusannya. Namun kemudian tamu telah meninggalkan hotel tanpa memberitahu front office.

Turn Down Service

Turn down Service adalah istilah untuk layanan khusus yang disediakan oleh departemen housekeeping di mana Staf kamar memasuki kamar tamu pada sore hari untuk mengisi kembali persediaan tamu, merapikan kamar dan selimut tempat tidur.

Deep Cleaning

Deep Cleaning adalah istilah untuk proses melakukan pembersihan secara intensif atau khusus yang dilakukan pada kamar tamu atau area umum ,yang sering kali dilakukan menurut special schedule atau special project basis.

Area Inventory List

Area Inventory List adalah istilah untuk daftar semua item Inventory di dalam area tertentu yang perlu dibersihkan atau ditambahkan jika ada kekurangan oleh atau staff Housekeeping Dept.

Frequency Schedule

Frequency Schedule adalah istilah untuk jadwal yang menunjukkan seberapa sering sebuah aktivitas membersihkan atau merawat sebuah item dan area tertentu.

Non - Recycled Inventories

Non Recycled inventories adalah daftar barang-barang dalam stok yang dikonsumsi atau digunakan sampai beberapa waktu khusus selama operasi rutin Housekeeping. Inventaris non-daur ulang termasuk persediaan cairan pembersih , barang-barang sekali pakai dan persediaan tamu dll.

Recycled Inventories

Recycled inventories adalah daftar barang-barang dalam persediaan yang memiliki masa pakai yang relatif terbatas tetapi dituntut untuk penggunaan yang berulang-ulang dalam operasi Housekeeping. Misalnya: Linen, seragam, mesin peralatan elektronik dan nonelektronik dan benda-benda sewaan tamu. 

Par Number

Par Number adalah standar kelipatan kuantitas dari sebuah item inventaris tertentu yang mewakili kuantitas item yang harus ada untuk mendukung daily routine housekeeping operations.

Floor Par

Floor Par adalah jumlah setiap jenis linen yang diperlukan untuk melengkapi semua pelayanan kamar pada semua lantai.

Master Key

Master Key adalah kunci yang dapat membuka semua pintu kamar tamu yang tidak double locked.

Grand Master / Emergency Key

Grand Master / Emergency Key adalah kunci yang dapat membuka semua pintu kamar dan semua pintu bahkan ketika semua kamar dikunci dengan double locked.

Guest Room Key

Guest room key adalah kunci yang para tamu gunakan untuk membuka guest rooms(kamar tamu).

Room Inspection

Room Inspection adalah proses pemeriksaan kamar tamu secara terperinci untuk memastikan tercipta kebersihannya dan perawatannya.

Amenity

Amenity adalah proses pelayanan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada tamu baik berupa barang atau jasa yang ditempatkan di kamar tamu untuk memudahkan dan kenyamanan tamu ,tanpa mengeluarkan biaya.

Back Of The house

Back of the house adalah area fungsional pada hotel dimana karyawan bekerja tanpa melakukan interaksi terhadap tamu ,dan ruangan berada di belakang area yang tertutup. 

Contoh area back of the house adalah departemen engineering dan pemeliharaan laundry room dan sebagainya.

Back To Back

Back to Back adalah istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan ruangan penuh ,sehingga tamu yang cekin tinggi pada hari yang sama sehingga tamu akan menunggu kamar setelah kamar disiapkan kembali untuk tamu tersebut.

Make up adalah layanan yang termasuk pembelian kamar saat tamu terdaftar setelah registrasi pembayaran.

On-change

On-change adalah situasi di mana tamu telah cekout, tetapi kamar belum dibersihkan oleh Hk dan kamar yang telah kosong itu siap untuk dijual kembali.

Buffing

Buffing adalah proses pembersihan , pemolesan dan penghalusan lantai dengan mesin yang berkecepatan rendah.

Burnishing

Burnishing adalah proses pemulihan dan pembersihan lantai menggunakan mesin yang berkecepatan tinggi untuk mencapai kilapan permukaan yang diinginkan.

Capital Budgets

Capital budgets adalah proses mengalokasikan modal anggaran untuk pembelian aset atau barang yang memiliki rentang hidup jauh lebih dari satu tahun biasanya peralatan ini adalah alat kebutuhan yang digunakan dalam operasional sehari-hari.

Cleaning Supplies

Cleaning Supplies adalah peralatan kebutuhan operasional pembersihan yang digunakan untuk membersihkan area dan peralatan hotel secara umum ,yang sangat dibutuhkan.

Luggage Rack

Luggage rack adalah furniture item yang disediakan di kamar tamu untuk menempatkan peralatan milik tamu.

Linen Chute

Linen Chute adalah sebuah area yang berbentuk lorong pada lantai pantry dekat tempat central laundry untuk mengirim linen kotor dan mengirim linen bersih ke semua lantai hotel.  

Mitering

Mitering adalah metode membentuk kain untuk di tempatkan di kasur tamu yang berbentuk lembaran seperti selimut yang menjadi alas setiap sudut pada kasur dan bertekstur lembut ,halus dan rapi.

Vacant Dan Ready 

Vacant and ready adalah istilah untuk kamar yang telah dibersihkan dan diperiksa dan siap untuk dijual kepada tamu yang datang.

Out-of-order

Out-of-order adalah istilah kamar yang tidak dapat diberikan kepada tamu.Yang kemungkinan memiliki masalah seperti rusak atau berbagai alasan yang berkaitan tentang kebutuhan untuk pemeliharaan, perbaikan dan pembersihan khusus oleh staf.

Lockout

Lockout adalah istilah pada kamar yang telah terkunci sehingga tamu tersebut tidak dapat masuk kembali dan harus menginformasikan kepada petugas hotel untuk menanganinya.

Hand Caddy

Hand Caddy adalah wadah kotak yang memiliki pegangan portable untuk menyimpan dan mengangkut peralatan kebersihan housekeeping.

Check-out

Check-out adalah sebuah istilah pada tamu yang telah meninggalkan kan kamarnya dan mengurusi administrasi pembayaran kemudian meninggalkan hotel.

Due Out

Due out adalah adalah istilah untuk kamar yang sedang ditempati tamu pada hari itu untuk bersegera check out atau keluar dan mengurusi administrasi pembayaran.

Stay Over

Stay Over adalah istilah untuk tamu yang tidak menginginkan untuk check out hari ini dan akan menginap setidaknya satu malam lagi.

Occupied

Occupied adalah istilah untuk kamar yang sudah di sewa oleh tamu ,dan ditempati untuk menginap.

Sleep-out

Sleep-out adalah istilah seorang tamu yang terdaftar di kamar hotel tetapi kamar tersebut belum digunakan oleh tamu.

Skipper

Skipper adalah seorang tamu yang telah check out atau meninggalkan hotel tanpa membereskan administrasi pembayarannya ,dan keluar tanpa memberitahu front Desk Office.

Sleeper

Sleeper adalah istilah seorang tamu yang telah menyelesaikan administrasi pembayarannya dan meninggalkan hotel atau check out ,tetapi staff Front Desk Office gagal memperbarui status kamar itu dengan benar pada sistem.

 

Images Source By: freepik.com, pixabay.com

LihatTutupKomentar