ISTILAH DI HOUSEKEEPING YANG MENGGAMBARKAN TAMU (Skipper, Accidentals, Oportunis)

ISTILAH TAMU DI HOUSEKEEPING YANG MENGGAMBARKAN ATAU MELAKUKAN KECURANGA YANG DI SENGAJA ATAU TIDAK DI SENGAJA (Skipper, Accidentals, Oportunis).
ISTILAH DI HOUSEKEEPING YANG MENGGAMBARKAN TAMU (Skipper, Accidentals, Oportunis)


Istilah Yang  Menggambarkan Tamu Di Housekeeping 

Skipper

Skipper adalah sebuah istilah pada status ruangan yang menunjukkan bahwa tamu hotel telah meninggalkan kamar hotel tanpa menyelesaikan tanggungan administrasi pembayaran dan tanpa memberitahukan kepergian pada Front Office.

Ruangan itu kosong(vacant) , tapi diyakini sudah ditempati (Occupied).

Skip

Skip adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pada tamu hotel yang mengosongkan kamar tamu tanpa membayar tagihan yang dikeluarkan untuk biaya kamar dan tambahannya.

Laporan ketidaksesuaian Housekeeping atau Housekeeping discrepancy report yang menunjukkan bahwa salah satu kamar tersebut kosong, tetapi status kamar pada sistem Front Desk menunjukkan kamar itu sedang ditempati, maka kasir atau GSA harus mencari active room folio dan registration card.

Accidentals 

Accidentals adalah istilah yang digunakan pada tamu yang lupa membayar administrasi mereka , dan memasukkan tagihan tersebut menjadi their extra bills.

Oportunis 

Oportunis adalah istilah yang digunakan pada tamu yang berjanji akan membayarkan seluruh administrasi pembayaran pada akhir inap namun pada akhirnya tamu tersebut checkout dan tanpa menyadari bahwa mereka dapat pergi dari hotel tanpa membayar tagihan atau sebagian dari tagihan mereka.

Premeditators 

Premeditators adalah istilah yang digunakan pada housekeeping yang digunakan untuk menyebut tamu yang memang sejak awal berniat meninggalkan hotel tanpa membayar dan melunasi seluruh tagihannya.

Skippers sering datang dengan barang bawaan sedikit dan kecil atau tanpa barang bawaan.

Bell Boys staf harus waspadai orang orang seperti ini yang berniat jahat , dan segera berkoordinasi dengan Front Desk (FO) tentang tamu dengan bagasi barang bawaan yang sedikit untuk di segerakan mengambil uang muka yang diperlukan dari mereka dan lakukan pembayaran di awal pada saat check-in. Jika perlu gunakan Deposit setiap tamu supaya lebih aman.

Sleeper 

Sleeper adalah istilah pada housekeeping untuk menunjukkan bahwa tamu yang memesan kamar dan telah menyelesaikan semua administrasi pembayaran lalu tamu tersebut meninggalkan hotel (check out)  tetapi staf front office gagal memperbarui status pada sistem kamar dengan benar.

Contoh Sleeper Lain:

Ruangan itu kosong, tapi diyakini sudah ditempati.

Sleep-Out 

Sleep-Out adalah istilah yang digunakan pada housekeeping untuk menunjukkan bahwa tamu yang terdaftar pada sistem kamar dan telah menyelesaikan administrasi pembayaran namun, tamu tersebut tidak menempati kamar itu.

Laporan ketidaksesuaian di atas pada Departemen Housekeeping menunjukkan bahwa kamar kosong atau terisi tetapi status pada sistem Front Desk menunjukkan kamar itu berbeda dengan sistem di Housekeeping, maka kasir atau GSA harus mencari folio kamar dan kartu registrasi yang aktif.

Bagaimana Mencegah Skipper?

Pastikan Anda selalu meminta tamu untuk mengisi kartu registrasi (KTP) dengan semua detail informasi pada saat check-in.

Preauthorize guests credit cards untuk melakukan deposit uang pada setiap tamu dengan jumlah minimum tertentu yang ditetapkan. Hal ini bertujuan untuk take safety.

Pada sistem PMS, aktifkan posting NO pada reservasi untuk menghentikan biaya tambahan dari semua outlet lain yang dibebankan ke kamar tamu

Bagaimana Mencegah sleeper?

Tampilkan Checkout pada perangkat lunak Front office dan seimbangkan semua folio tamu tanpa kelupaan yang menyebabkan masalah pada sistem FO setelah check outnya tamu.


Images Source Bye: freepik.com, pixabay.com

LihatTutupKomentar