BERBAGAI METODE MEMBERSIHKAN LANTAI HOTEL OLEH HOUSEKEEPING

BERBAGAI JENIS METODE MEMBERSIHKAN LANTAI HOTEL OLEH BANTUAN MESIN DI DEPARTEMEN HOUSEKEEPING PERHOTELAN.
BERBAGAI METODE MEMBERSIHKAN LANTAI HOTEL OLEH HOUSEKEEPING


Metode Membersihkan Dan Perawatan Lantai Di Hotel Oleh Housekeeping

Lantai hotel membutuhkan pembersihan dan penyelesaian rutin untuk mempertahankan penampilan dan daya tahannya. Menurut jenis lantai yang digunakan, metode dalam melakukan pembersihannya pun berbeda-beda.

Ada berbagai jenis mesin pembersih lantai yang dirancang untuk perawatan scrubbing, buffing , burnishing , scarifying, dan spray.

Di bawah ini ada beberapa teknik atau metode dalam melakukan perawatan lantai. Diantaranya sebagai berikut ini:

Mopping (Mengepel)  

Mopping atau mengepel adalah metode yang dilakukan untuk membersihkan lantai dari sisa makanan dan kotoran yang menempel pada permukaan nya.

Lantai harus dipel setiap hari dengan pelan yang basah atau dengan pel debu yang disemprot dengan air kimia. Kepala pel harus menggunakan berbagai macam serat alami atau sintetis (Jenis Pel tertentu). 

Kepala pelan yang baru harus direndam dalam air selama 1 jam dan kepala pel harus diperas dari air bertujuan agar dapat di bilas lalu bersihkan dari sisa kotoran dan dikeringkan setelah digunakan.

Scrubbing (Menggosok)

Scrubbing membutuhkan sikat atau bantalan gosok bertekstur kaku yang dipasang pada mesin pembersih lantai putar. Ujung bulu sikat atau permukaan bantalan mengikis dan memotong kotoran yang menempel pada permukaan lantai dan  menghilangkannya dengan gerakan melingkar.

Burnishing (Polishing) 

Burnishing adalah metode pembersihan lantai jenis baru yang mirip dengan buffing tetapi Burnishing adalah metode kering tanpa menggunakan semprotan cairan apapun. Selain itu kecepatan di mana kepala mesin pembersih lantai putar diatur untuk berputar lebih cepat yang bertujuan untuk polishing pada lantai.

Ujung kuas atau permukaan pad mengikis dan menempel pada permukaan lantai untuk menciptakan permukaan yang halus dengan hasil akhir yang mengkilap. Dalam kasus permukaan yang dipoles, itu akan terjadi pengikisan lapisan permukaan cat atau permukaan lantai ,namun itu semua tidak akan berbahaya jika mengetahui prosedurnya.

Buffing (Polishing)

Buffing adalah metode pembersihan lantai yang biasanya dilakukan setelah proses scrubbing atau burnishing, Buffing ini melibatkan penyemprotan lantai dengan larutan kimia pemoles dan penggosok lantai dengan bantuan mesin lantai putar. Mesin pembersih rotari yang terbaru memiliki kemampuan langsung memoles lantai juga dapat sekaligus menyemprotkan larutan kimia langsung.

Saat menggosok ujung bulu kuas atau permukaan alas, untuk hasil akhir yang mengkilap di permukaan lantai. Dalam hal permukaan yang telah dipoles, itu juga akan melibatkan mesin elektor panas lokal untuk mengeraskan lilin dan resin.

Scarifying

Scarifying adalah metode pembersihan lantai di mana lapisan tanah yang tebal dihilangkan dengan mesin khusus yang memecah permukaan tanah lapisan atas dengan ujung mesin berbentuk pahat seperti alat pemotong sikat kawat.

Spray Cleaning

Spray Cleaning adalah metode pembersihan yang menggunakan alat semprot , namun istilah ini diterapkan pada proses pemeliharaan lantai dimana larutan kimia akan digosok atau disemprotkan pada permukaan lantai atau pada sikat/bantalan mesin yang bertujuan untuk  proses penghilangan noda yang membandel.

Penggunaan larutan kimia ini bertujuan untuk meningkatkan dan menghaluskan pada permukaan lantai.


Images Source Bye: freepik.com

LihatTutupKomentar