BERBAGAI JENIS ALAT PEMBERSIH KARPET & LANTAI DI HOTEL

BERBAGAI JENIS PERALATAN MESIN PEMBERSIH UNTUK MEMBERSIHKAN KHUSUS BERBAGAI TIPE KARPET & LANTAI-LANTAI DI HOTEL.
BERBAGAI JENIS ALAT PEMBERSIH KARPET & LANTAI DI HOTEL


Berbagai Jenis Peralatan Pembersih Karpet & Lantai Yang digunakan Di Hotel

Alat Pembersih Karpet & Lantai

Peralatan mesin ini adalah salah satu elemen penting di departemen Housekeeping untuk memutuskan kapan dan bagaimana karpet dan lantai harus dibersihkan. Dengan banyaknya jenis peralatan pembersih untuk solusi yang dibutuhkan saat ini ,maka seharusnya pekerjaan berat dan rumit akan menjadi lebih mudah karena adanya alat bantu seperti ini.

Penggunaan mesin pembersih karpet dan lantai sangat dibutuhkan sekali dalam membersihkan area yang luas dan banyak ,sehingga jika menggunakan alat ini maka pekerjaan akan menjadi lebih ringan dan cepat ,efektifitas para pekerja pun akan tercapai sesuai yang perusahaan inginkan.

Floor & carpet cleaning machine adalah kategori peralatan pembersih yang sangat mahal harganya sehingga perlu dirawat, dipelihara, disimpan dan digunakan dengan baik. 

Beberapa peralatan yang umum digunakan pada industri perhotelan sebagai berikut:

Extractors

Mesin ini digunakan untuk mengembalikan tampilan permukaan karpet, pelapis dan gorden. Mesin ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang mengendap lebih dalam yang biasanya susah untuk dihilangkan dengan mesin penghisap debu. Mesin extractor ini  juga berguna dalam aplikasi lapisan anti tanah pada karpet.

Hot-Water Extraction Machines

Hot-water extraction machines adalah mesin yang tidak memiliki dinamo putaran. 

Mesin ekstraksi air panas ini biasanya digunakan untuk membawa air panas dan deterjen pada tangkinya yang digunakan untuk proses pembersihan karpet secara mendalam.

Air panas dan deterjen akan disemprotkan pada karpet dari selang dengan semprotan yang bertekanan tinggi , dengan demikian kotoran pada karpet akan mengelupas dengan sendirinya lalu akan persiram oleh air bertekanan tinggi dari mesin ini.

Mesin ini sering juga disebut sebagai mesin ekstraksi uap padahal sebenarnya di dalam mesin tidak terdapat peralatan pembangkit uap air panas hanya saja diisi dengan air panas dan deterjen pada tangki tersebut.

Ekstraktor air panas tidak boleh diisi dengan air yang bersuhu lebih tinggi dari 66° C [ 150° F ], Hal ini karena karpet wol dapat menyusut pada suhu tinggi.

Solvent Extraction Machines

Solvent extraction machines ini adalah mesin yang utamanya digunakan untuk membersihkan jok dan gorden namun bisa juga untuk membersihkan karpet kotor.

Wet Vacuums( Vakum Basah)

Wet Vacuums adalah jenis mesin penyedot debu yang berfungsi untuk mengambil tumpahan dan mengambil genangan air pada lantai dan karpet.

Dan bisa juga untuk menyedot debu kering pada area lantai dan karpet.

Rotary Floor Machines

Rotary Floor Machines adalah mesin yang digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan pembersihan pada semua permukaan.

Pada pembersihan karpet mesin ini akan dilengkapi dengan suatu bantalan atau sikat untuk melakukan proses pembersihan pada permukaannya.

Untuk melakukan pembersihan busa kering dan pada lantai yang berpermukaan keras mesin dengan silinder putar dapat digunakan untuk buffing ,burnish , Scrubbing dan refinish dll.

Cylindrical-Brush Dry-Foam Machines

Cylindrical-brush dry-foam machines adalah mesin yang memiliki sikap silinder yang berfungsi untuk menggosok dan mengambil kotoran pada bagian terdalam dengan sekali jalan dan mesin akan menghasilkan busa.

Rotary-Brush Wet-Shampoo Machines

Rotary-brush wet-shampoo machines adalah mesin pembersih yang memiliki sikat yang dapat berputar bersama dengan shampo atau sabun yang digunakan untuk membersihkan karpet atau lantai.

Mesin ini dilengkapi dengan berbagai aksesoris tambahan yang akan mendukung dalam proses pembersihan dan termasuk juga dengan peralatan vakum dan pengeringnya

Small Rotary-Brushes Wet-Shampoo Machines

Small rotary-brushes wet-shampoo machines adalah mesin dengan tambahan dua alat seperti sikap yang dapat berputar yang lebih kecil daripada mesin rotary-brush wet-shampoo machine.

Scrubber-Drier (Penyapuan)

Scrubber-drier adalah mesin yang dapat menghilangkan kotoran ,air dan debu. Mesin ini sangat cocok untuk area yang luas di mana tidak memungkinkan untuk pembersihan ,penyapuan ,penggosokan dan pengeringan secara manual.

Power Sweepers

Power sweepers adalah mesin self propelled atau manually propelled machines yang dirancang untuk menghilangkan kotoran puing-puing kecil pada jalan ,trotoar ,karpet dan area lantai berpermukaan keras yang luas.

High Pressure Washers

High-pressure washers adalah jenis peralatan pembersih yang dirancang untuk menghilangkan berbagai macam kotoran dengan cara menambahkan air ,uap atau pasir dengan menggunakan tekanan udara. 

Media tersebut akan disemprotkan menggunakan bantuan tekanan udara yang akan menghasilkan daya dobrak pada benda yang kotor sehingga permukaan yang kotor tersebut akan bersih.

Scarifying Machines

Scarifying machines adalah mesin yang dapat menghilangkan berbagai jenis kotoran berat.

Scarifying adalah proses menghilangkan berbagai jenis kotoran berat seperti minyak ,lumpur ,serbuk gergaji basah dan endapan kotoran pada permukaan lantai.

Penggunaan mesin ini ketika proses Scrubbing  tidak efektif maka menggunakan alat ini sebagai alat tambahan. Kotoran pada permukaan akan dipecah oleh gerakan sebuah mesin yang bergerak seperti pahat dari sebuah sikat mesin.


Images Source By: freepik.com, pixabay.com

LihatTutupKomentar