TIPE TROLI, WADAH YANG DI PAKAI HOUSEKEEPING HOTEL

BERBAGAI MACAM TIPE TROLI, WADAH, TEMPAT SAMPAH YANG DI PAKAI HOUSEKEEPING DI HOTEL.

TIPE TROLI, WADAH YANG DI PAKAI HOUSEKEEPING HOTEL

Tipe Troli Dan Wadah Di Housekeeping Perhotelan

Berbagai tipe wadah, troli dan tempat sampah,  yang digunakan sehari-hari di housekeeping perhootelan.

Dalam menunjang operasional sehari-hari staff housekeeping biasanya akan diberi fasilitas troly ,containers dan tempat sampah untuk membawa dan mengumpulkan barang yang diperlukan.

Dibawah ini beberapa peralatan yang diperlukan untuk operasional housekeeping di hotel.

Regular Buckets

Reguler Bucket biasanya terbuat dari bahan plastik atau besi galvanis. Karena bobotnya lebih ringan, lebih mudah dibawa dan digunakan. Bahan material plastik juga mudah dibersihkan dan sangat populer digunakan di Housekeeping.

Ember ini memiliki 2 bagian wadah, yang satu untuk membilas dan wadah yang satu lagi adalah alat pemeras lap pel. Alat pemeras lap pel juga dapat dilepas pasangkan.

Twin Bucket

Twin Bucket adalah alat bantu housekeeping yang terdiri dari dua wadah dan memiliki roda sehingga fleksibel dibawa kemana mana , wadah yang satu digunakan untuk membilas kain pel dan yang satunya lagi digunakan untuk menyimpan air.

Twin bucketh harus dicuci bersih setelah digunakan. cuci bagian dalam keluar lalu tiriskan atau simpan di tempat yang kering.

Dust Pan

Dust pan atau pengki adalah alat pelengkap bersama sapu atau sikat yang digunakan dalam mengumpulkan sampah dan debu.

Peralatan ini biasanya terbuat dari plastik atau logam, jenis kedua bahan tersebut dikenal kuat dan tahan lama, namun kebanyakan lebih memilih plastik selain murah juga ringan saat dibawa kemana-mana.

Lebih baiknya lagi alat ini sangat membantu pada saat membersihkan tidak susah payah untuk membungkuk karena terdapat gagang panjang.

Agar efektif pengki harus bersentuhan rata langsung dengan lantai.

Selalu kosongkan pengki setelah setiap kali digunakan dan cuci serta keringkan jika diperlukan. Saat menyimpan, pastikan tidak bertumpu pada tepi yang rata, karena akan aus dan melengkung sehingga Dust Pan menjadi tidak efisien.

Cara ideal untuk menyimpan pengki adalah dengan menggantungnya dengan pengait atau berbaring secara horizontal, menyamping.

Dustbins (Tempat Sampah)

Macam-macam Tempat Sampah (Dustbins):

a)Tempat Sampah Untuk Kamar Tamu (Guestrooms)

Bahan pembuat tempat sampah banyak macamnya seperti berbahan plastik ,logam ,kayu dan fiberglass, namun kebanyakan memilih untuk pakai plastik dan logam.

Tempat sampah di kamar tamu selalu dilapisi dengan plastik atau kertas daur ulang ,supaya tempat sampah tidak menimbulkan bau tidak sedap dan memudahkan untuk clear up.

Tempat sampah kamar tamu harus dikosongkan dan dibersihkan setiap hari. Tong harus dicuci dan dikeringkan jika diperlukan secara normal sekali dalam seminggu.

b) Dustbin Untuk Service Rooms Dan Floor Pantry

Jenis tempat sampah ini berbeda dengan yang ada di guestrooms,tempat sampah ini memiliki ukuran yang lebih besar dan dilapisi plastik besar ,juga memiliki dua roda pada bawah tempat sampah ini.

Biasanya housekeeping akan mengumpulkan sampah dari kamar dan dimasukkan ke dalam sini.

Lantai pantry harus memiliki 2 jenis tempat sampah, tempat sampah khusus terbuat dari logam untuk membuang abu dari asbak kamar tamu dan tempat sampah plastik atau kertas tebal untuk jenis sampah lainnya. 

c) Dustbins Public Areas 

Tempat sampah ini mungkin memiliki desain yang kreatif karena selalu terlihat bagus. Dustbin ini memiliki bentuk yang berbeda dengan jenis tempat sampah yang dipakai di seluruh hotel karena tempat sampah untuk publik area ini harus terlihat mewah dan biasanya terbuat dari logam.

Dustbin untuk public area harus dikosongkan setiap hari dan dijaga tetap rapi & bersih dari kotoran dan debu sepanjang waktu.

d) Dustbins waste-collection yaitu tempat pengumpulan sampah

Tempat sampah ini biasanya memiliki diameter yang besar dan terletak di luar bangunan hotel dan tersembunyi dari pandangan orang karena tempat sampah ini adalah tempat akhir pengumpulan seluruh area. Tempat sampah ini harus kosong dan tertutup setiap harinya.

e) Sani Bins

Sani Bins adalah tempat sampah yang terbuat dari logam jam dan plastik dengan tambahan penutup. Tempat sampah jenis ini sering kita temui di area toilet biasanya tempat sampah ini dikhususkan untuk sampah ah basah seperti pembalut dan tisu kotor di toilet. Tong sampah ini harus diberi lapisan tambahan plastik atau kertas agar mudah ketika dibersihkan. 

Setiap hari housekeeping harus membersihkan tempat sampah ini supaya ya tetap higienis.

Kantong kertas atau plastik sekali pakai (kantong sani) harus disediakan di toilet tamu untuk membungkus pembalut, sebelum dibuang ke tempat sampah.

Spray Bottles

Spray bottle adalah wadah ringan yang dapat menyemprotkan cairan. benda ini biasanya digunakan oleh housekeeping untuk membersihkan permukaan permukaan halus seperti kaca meja dan sudut-sudut yang susah dijangkau. Alat ini bisa disetel keluarnya cairan dengan mengatur Nosel pada kepala botol, untuk memudahkan penggunaan sesuai yang kita inginkan.

Mop-wringer Trolley

Mop-wringer trolley adalah peralatan pembantu dalam pembersihan lantai yang biasa digunakan housekeeping dalam pel lantai , alat ini pula terdapat dua bagian wadah dan alat pemeras pel yang dilengkapi 2 buah roda.

Linen Trolley

Linen trolley biasa digunakan di departemen housekeeping ,alata ini membantu untuk membawakan peralatan kain bersih dari binatu ke ruang linen atau ke floor pantries.

Hand Caddies

Hand Caddies adalah kotak pembersih atau bisa juga disebut alat taruh barang yang terbuat dari kayu, logam bahkan plastik namun kebanyakan perusahaan memilih terbuat dari plastik karena selain murah juga ringan saat dibawa. Hand Caddies terdiri dari 2 kotak menempel yang memiliki pegangan.

Biasanya alat yang digunakan oleh room boy dalam membersihkan setiap kamar ke kamar yang mana kotak ini dapat membantu membawakan peralatan kebersihan seperti botol cairan, lap dan lain-lain.

Setiap kamar harus selalu dibersihkan setiap shift pagidan menyediakan berbagai perlengkapan kamar untuk digunakan tamu berikutnya.

Carts dan Trolleys

Carts dan trolleys adalah alat yang paling sering digunakan oleh housekeeping karena alat ini dapat menampung peralatan dengan jumlah banyak alat ini sangat ideal dalam pemindahan dan pengangkutan cleaning equipment, cleaning agents, linen and rubbish.

Gerobak dan troli semacam itu dapat memangkas waktu itu secara efisien dalam pekerjaan , sehingga staf dapat berpindah lokasi dari tempat satu ke tempat lain dengan satu kali jalan.

Maid’s Cart / Room Attendant’s Cart

Maids cardadalah salah satu perlengkapan paling penting yang digunakan oleh staff housekeeping dalam kegiatan menata kamar hotel.

Troli ini sering disebut dengan attendant’s trolley, maid’s cart or chambermaid’s trolley, kemungkinan ini adalah alat yang paling penting digunakan pada room attendant.

Troli ini sangat besar dan menampung banyak peralatan pelayanan kamar. Namun tidak terlalu berat karena biasanya terbuat dari rangka logam ringan ataupun kayu dengan beberapa partisi dan rak.

Room Attendant untuk menyelesaikan tugas kamar dengan cepat dalam waktu setengah hari sebelum di gunakan.

Karena gerobak besar dan mungkin memuat banyak muatan, gerobak itu harus mudah digerakkan dan dilengkapi dengan roda di satu ujung dan roda-roda di ujung lainnya. Gerobak harus diatur dengan baik sehingga staf HK tidak perlu membuang waktu untuk mencari persediaan atau sering melakukan perjalanan kembali ke ruang persediaan.


Images Source By: freepik.com, pixabay.com

LihatTutupKomentar