TIPE-TIPE SIKAT DAN ALAT PEL DI HOUSEKEEPING HOTEL

BERBAGAI TIPE SIKAT DAN PERALATAN UNTUK PEL LANTAI DI DEPARTEMEN HOUSEKEEPING PERHOTELAN.
TIPE-TIPE SIKAT DAN ALAT PEL DI HOUSEKEEPING HOTEL


Berbagai Tipe Sikat Dan Alat Pel Yang Digunakan Di Housekeeping

1) Jenis Kuas

Sikat dirancang untuk menghilangkan debu dan kotoran kering, basah dan atau berkerak dari permukaan yang keras atau lunak. Ada dua jenis Brushes Hard Brushes dan Soft Brushes masing-masing digunakan untuk tujuan yang berbeda.

a) Hard Brushes (Sikat Keras)

Sikat keras memiliki bulu yang cukup kaku dan memiliki jarak yang baik.

Sikat ini paling cocok untuk menghilangkan kotoran berat dan sampah daripada karpet ,lantai ,dinding dan peralatan berpermukaan kasar.

b) Soft Brushes (Sikat Lembut)

Soft Brushes adalah jenis sikat yang memiliki bulu lembut dan fleksibel. Biasanya jenis sikat ini digunakan untuk menghilangkan debu halus dan sampah kecil pada permukaan benda yang halus dan kasar. 

2) Jenis Pel (Kering dan Basah)

Dry mops adalah alat pel atau penyapu debu halus ,kotoran pada permukaan lantai ,dinding dan langit-langit ,dan mengumpulkan debu tanpa harus mengangkat pelan ini. Alat pel ini umumnya terdiri dari pegangan yang berbahan dasar logam atau kayu , namun seiring berjalannya waktu gagang plastik lah yang sering digunakan.

Contoh Pel Kering: 

Mops With Impregnated Fringes

Pel dengan pinggiran yang ditambahkan kain penyerap.

Jenis alat pel ini terdiri dari pinggiran lap yang diberi lipatan kain sumbu panjang yang dimasukkan ke dalam bingkai logam panjangnya 15 sampai 120 cm  dan bergagang kayu atau logam.

Impregnated Mops Sweepers

Pel ini terdiri dari rangka besi berengsel dan karenanya disebut ' V-sweepers' juga dikenal sebagai Scissor action sweeper. 

Jenis alat pel ini langkah awal dalam pembersihan sebelum menggunakan alat pel yang lebih meresap cairan. Penggunaan lap pel ini sangat tidak cocok digunakan untuk pembersihan kotoran basah , karena sangat tidak efektif dan memerlukan waktu yang lama, jika tetap dilakukan akan menimbulkan bercak.

Static Mops

Pel statis ini terdiri dari untaian bahan akrilik ,nilon atau polyester yang dipasang pada alas yang direntangkan di atas bingkai logam. Saat digunakan, pinggiran melebar untuk membentuk area permukaan yang besar, menahan debu melalui muatan statis yang menumpuk di pinggiran. Pel statis lebih mudah dirawat daripada pel impregnasi.

Disposable Mops (Pel sekali pakai)

Disposable Mops adalah jenis alat pel yang terdiri dari pegangan dan bantalan lembut di ujungnya yang menguntai dengan bahan lembut dari kapas ,kain dan bahan sintetis murah lainnya.

Wet Mops | Damp Mops (Pel Basah)

Wet Mops atau Damp Mops adalah alat pel yang sering kita gunakan di rumah pada umumnya ,dan biasanya disandingkan dengan ember untuk mencuci kain pel. Kepala pel terbuat dari kain, kapas atau serat sintetis yang baik dalam menyerap air.

Beberapa contoh pel basah adalah pel Kentucky, Do-All Mops, Foss Mops, Squeegee dll.

Kentucky Mops (Pel Basah)

Kentucky Mops adalah jenis file yang terdiri dari untaian benang kapas atau kain katun panjang yang dimasukkan ke dalam logam datar tumpuan.

Untaian dapat dijahit bersama atau tidak dijahit. Yang dijahit cenderung tidak kusut, dapat dicuci lebih mudah dan cenderung bertahan lebih lama daripada pel yang tidak dijahit.

Do-all Mops

Do-all mop adalah jenis lap pel yang terdiri dari untaian kapas keriting yang dipasang pada pelat logam melingkar sebagai tumpuannya.

Foss Mops

Foss Mop terdiri dari pinggiran kapas , kain yang padat yang dimasukkan ke dalam stok plastik atau logam.

Sponge Mops (Spons)

Sponge Mops adalah alat pembersih yang terbuat dari spon selulosa yang dipasang pada kepala yang dapat diganti-ganti dan dikendalikan oleh tuas dan berengsel dapat diperas dan dipasang pada pegangan panjang.

Penggunaan alat ini sangat efektif untuk membersihkan sebuah lantai keras dan bertekstur halus. Contohnya marmer.ada juga yang berukuran pendek biasanya digunakan untuk membersihkan kaca jendela.

Ini terdiri dari spons selulosa yang dipasang pada kepala yang dapat diganti dan dikendalikan tuas, berengsel untuk diperas dan dipasang pada pegangan panjang. Menggunakan pel spons adalah salah satu cara termudah untuk mencuci sebuah lantai keras. Pel spons bergagang pendek juga tersedia untuk membersihkan jendela.

Squeegee

Squeegee adalah alat pembersih yang terbuat dari karet yang memiliki gagang logam panjang atau bilah kayu dan berfungsi untuk menghilangkan kelebihan air pada permukaan yang sedang dibersihkan.

Alat ini sangat efektif untuk mengkoordinasikan dengan alat pel basah.


Images Source By: freepik.com, pixabay.com

LihatTutupKomentar