SIKLUS PERUBAHAN STATUS KAMAR HOTEL

PERPUTARAN/SIKLUS PERUBAHAN STATUS SEBUAH KAMAR DI HOTEL. DARI MULAI DI KOSONGKAN, DI TEMPATI HINGGA SIAP DI JUAL KEMBALI.
SIKLUS PERUBAHAN STATUS KAMAR HOTEL


Siklus Perubahan Status Kamar Di Hotel 

Perubahan status kamar adalah urutan perputaran ruangan telah disewa dan siap disewakan kembali atau sering disebut dengan (Life Cycle Room).

The status of a guest room adalah status kesiapan ruangan yang telah di Set-Up dan siap dihuni kembali. Oleh karenanya sebuah hotel harus mengetahui keadaan ruangan dan kebersihannya secara on time ,saat menentukan status kamar dari informasi hunian dan kebersihannya.

Rekonsiliasi status kamar didefinisikan sebagai proses memastikan bahwa kamar yang ditunjuk dengan benar berdasarkan statusnya saat ini, dan diberi status baru saat akan di sewakan. 

Housekeeping dan Front End harus bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik dalam hal kesiapan kamar dalam keadaan bersih dan siap untuk disewakan kembali.

Vacant / Inspected (V/I)

Status Vacant/Inspected (V/I) adalah status kamar yang sudah siap untuk dijual, status kamar (V/I) digunakan pada saat kamar kosong ,diperiksa oleh supervisor housekeeping atau eksekutif housekeeper.

Biasanya status ini digunakan dalam full service pada hotel bintang 5.

Vacant / Ready (V/R)

Status Vacant/Ready (V/R) adalah status kamar tersedia dan siap untuk dijual. Status kamar dengan kode (V/R) adalah istilah satu-satunya kamar yang dapat dijual di hotel.

Occupied / Clean (O/C)

Status kamar Occupied/Clean (O/C) adalah kondisi kamar yang sedang ditempati oleh tamu dan sudah mendapat pelayanan dari housekeeping. Biasanya kamar berkode ini tidak ada pemeriksaan ,dan memberi layanan untuk status kamar ini selama masa inap tamu disana.

Kode ini memberikan sandi bahwa kamar tersebut di tempati tamu sudah di bersihkan dengan baik. Biasanya membersihkan suatu kamar yang sedang di tempati jauh lebih ringan di banding membersihkan kamar setelah tamu check-out ,karena harus setup peralatan dengan lengkap agar siap di jual kembali.

Occupied / Dirty (O/D)

Status kamar Occupied/Dirty (O/D) adalah status kamar yang sedang ditempati oleh tamu ,dalam jangka waktu tamu itu cekin kemarin ,pada hari ini status kamar tersebut belum dilayani oleh housekeeping.

Vacant / Dirty (V/D)

Status kamar Vacant/Dirty (V/D) adalah status kamar yang telah dikeluarkan dari inventaris karena suatu alasan atau adanya masalah tertentu. Kode ini diberikan pada kamar out-of-order.

Kondisi dimana kamar telah dikosongkan di karenakan kotor atau tamu check out, belum dilayani housekeeping. Kode kamar “V/ D” ini menjadi prioritas utama dalam Housekeeping karena harus disiapkan untuk dijual kembali.

Vacant / Clean (V/C)

Status kamar Vacant/Clean (V/C) adalah status kondisi kamar yang sudah dibersihkan oleh housekeeping namun belum diperiksa. 

Dan prosedur umum pada room attendant adalah supervisor akan memeriksa setiap kamar yang sudah dibersihkan, dan memastikan kamar itu siap untuk dijual. supervisor atau manajer akan mengubah kode kamar dari (V/C) menjadi kode (V/R) ya artinya ruangan itu kosong (Vacant) dan  siap (ready).



Images Source Bye: freepik.com, fixabay.com

LihatTutupKomentar