PENGERTIAN TANDA JANGAN GANGGU (DND) DI KAMAR HOTEL

PENGERTIAN, FUNGSI, CARA MEMAHAMI SETIAP TANDA JANGAN GANGGU (DND), YANG DI SELIPKAN DI DEPAN PINTU PADA SETIAP KAMAR DI HOTEL.
PENGERTIAN TANDA JANGAN GANGGU (DND) DI KAMAR HOTEL


Tanda DND / Kode Jangan Ganggu 

Pada saat kamar tamu akan dibersihkan oleh housekeeping periksalah terlebih dahulu apakah tamu telah memasang tanda jangan ganggu DND (Do Not Disturb). Biasanya beberapa hotel memiliki lampu DND ini atau kartu tanda jangan ganggu yang dipasangkan pada depan pintu sebelah bel.

Kamar yang menampilkan pemberitahuan “DND” tidak boleh diganggu.

Dalam semua kasus, pelayan kamar / pelayan kamar harus menghindari mengganggu tamu.

Untuk Tamu Yang Check-out/Jatuh Tempo

Jika tamu akan check out, maka jangan ganggu kamar dengan kode DND sampai mereka check out.

Setelah waktu checkout yang diharapkan selesai, Beritahu Housekeeping supervisor bahwa kamar tamu masih menggunakan DND ,dan staf tidak dapat membersihkannya.

Housekeeping supervisor harus menelepon tamu dan menanyakan apakah layanan pembersihan tersebut diperlukan tamu atau tidak.

Jika tidak ada tanggapan dari kamar tamu, maka supervisor harus menelepon front desk dan memeriksa apakah tamu sudah check out.

Setelah memastikan bahwa tamu telah check out maka room boy dapat masuk ke kamar dengan tanda Jangan ganggu.

Jika ada kamar lain di mana room boy akan menunda servisnya jila mana ketika kamar yang akan dibersihkan dikunci ganda dari dalam.

Semua kamar DND dan tindakan yang diambil harus disebutkan secara rinci di buku catatan karyawan.

DND Untuk Tamu Menginap

Tanda DND - (Do not disturb) dengan jelas menunjukkan bahwa petugas kamar harus memeriksa kamar itu nanti jika layanan diperlukan.

Jika tidak ada tanggapan sampai sore ( 14.00 atau 15.00 ) maka housekeeping supervisor harus menelepon tamu dan memeriksa apakah dia membutuhkan kamarnya untuk diservis.

Tanyakan kepada tamu apakah dia membutuhkan persediaan segar (misalnya: Handuk ,sabun ,sampo dan perlengkapan lainnya.

Ketika layanan ditolak pada (14.00 atau 15.00), petugas malam atau shift malam harus membersihkan kamar selama layanan malam.

Jika layanan tidak disediakan pada malam hari juga maka catatan harus diselipkan di bawah pintu.

Ketika tamu menolak service a floor supervisor / duty manager / lobby manager harus menghubungi tamu dan mengatur waktu yang tepat untuk melakukan pembersihan.

Jika ada kecurigaan atau keraguan tentang status kamar atau kejadian lain maka Manajer bersama dengan petugas keamanan harus mengetuk dan memasuki ruangan dengan paksa menggunakan master key card.

Dalam beberapa kasus tamu mungkin tidak sehat atau terjadi kecelakaan yang memerlukan intervensi cepat.

Kamar tidak boleh dibiarkan tanpa layanan selama lebih dari dua hari, kecuali jika ini specifically requested oleh tamu dan disetujui oleh the general manager. 



Images Source Bye: freepik.com, pixabay.com

LihatTutupKomentar