KEBIJAKAN MENGENAI SERAGAM UNTUK STAF HOTEL

Departemen uniform memiliki beberapa prosedur dan aturan standar hospitality industry, mengenai pakaian kerja yang di pakai seluruh karyawan di hotel.

KEBIJAKAN MENGENAI SERAGAM UNTUK STAF HOTEL

Kebijakan Mengenai Seragam Staf Hotel


Kebijakan Mengenai Seragam Staf Hotel Enaknya bekerja di industri perhotelan adalah kita tidak susah payah untuk mencuci pakaian kerja kita di rumah.

Di industri perhotelan, ada departemen khusus yang tugas dan tanggung jawabnya adalah mencuci setiap pakaian karyawan. Uniform Department adalah departemen yang tugas dan tanggung jawabnya membersihkan setiap pakaian karyawan dan peralatan hotel jenis kain lainnya. Contohnya seperti table cloth, uniform staff dll. Departemen uniform termasuk ke dalam sub divisi Housekeeping Department.

Prosedur Seragam Di Departemen Uniform

Di Departemen uniform memiliki beberapa prosedur dan aturan standar hospitality industry, mengenai pakaian kerja yang di pakai seluruh karyawan di hotel, aturan ini di buat untuk mengamankan inventaris perusahaan mengenai baju dan dres yang di seragamkan di tiap Divisinya. Diantara aturan-aturan itu sebagai berikut: Staff Uniform akan memberikan kepada setiap staf 3 buah set seragam sesuai dengan departemen dan jabatannya masing-masing dalam jangka waktu 2 tahun pemakaian sebelum diganti dengan baru. Dalam hal jas dan seragam kerja untuk fine dining restoran, karyawan hanya akan diberikan 2 set namun ada beberapa perusahaan yang memiliki standar untuk staff Front of House akan menerima 2 set sedangkan staff Back of House akan menerima 3 set. Untuk prosedur footwear, perusahaan hanya akan memberikan sepatu safety yang hanya diberikan kepada staff Kitchen dan staf Teknik saja. Selebihnya ditanggung oleh karyawan masing-masing. Uniform Worn standar yang dikenakan oleh staf harus bersih dan disetrika dengan baik. Noda, lubang, bau atau tanda kerusakan kan lainnya tidak boleh dipakai. Uniform exchange akan dilakukan dengan aturan 1:1 yaitu seragam yang kotor diberikan sebagai ganti seragam yang bersih akan diberikan shift besok. Setiap awal shift, staf akan mengambil seragam bersih dari ruang linen dengan memberikan seragam kotor kemarin. Jika seragam yang diterima staf tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan, seragam tersebut harus diganti dengan yang sudah ditentukan. Di akhir Shift atau Shift ketiga dan biasanya itu pagi hari, staf akan mengembalikan seragam tadi ke ruang Linen dan menukarnya dengan yang bersih untuk shift sore nya. Jika ruang linen ditutup maka staf akan menyimpan seragam kotor itu di loker yang telah disediakan dan menggantinya dengan seragam bersih keesokan harinya. Staf tidak boleh mengenakan seragamnya di luar hotel , kecuali untuk urusan tertentu perusahaan. Pembaruan berkala kondisi seragam masing-masing harus diberikan oleh departemen tata graha ke semua departemen untuk menganggarkan pembelian new uniform.


Prosedur seragam harus lengkap dan sempurna , setiap staf akan diberikan name tag ,dan harus dikenakan oleh semua staf hotel.


Images Source By: freepik.com, pixabay.com

LihatTutupKomentar