JENIS TROLI YANG DI GUNAKAN DI F&B SERVICE HOTEL

JENIS TROLI YANG DI GUNAKAN DI F&B SERVICE HOTEL. SEPERTI TROLI MAKANAN, MINUMAN ,KEJU ,DESERT DAN TIPE TROLI LAINNYA. YANG MEMBANTU OPERASI PELAYANAN

JENIS TROLI YANG DI GUNAKAN DI F&B SERVICE HOTEL

Troli Food And Baverage

Berbagai tipe dan fungsi troli yang digunakan di F&B Service perhotelan, sangat bermacam-macam mulai dari ukuran, berat, bentuk dan kegunaan troli  tersebut. Troli sudah menjadi kebutuhan yang wajib ada pada sebuah hotel, khususnya di layanan makanan dan minuman yang bertujuan untuk kelancaran operasional di setiap Restoran, Coffee Shop, Room Service Dll.

Trolley, Trolli atau Troli ini sebuah sebutan yang berbagai macam untuk sebuah gerobak atau kereta dorong yang dilengkapi roda dibawahnya dan dapat menampung berbagai macam peralatan yang diangkut di atasnya, dapat digunakan di area indoor maupun outdoor di Hospitality industry.

Trolley Hotel ini sangat penting ,karena untuk membantu membawakan peralatan yang sangat berat, jadi tidak usah melakukannya dengan memanggul atau menjinjing barang-barang tersebut agar bisa diletakkan ditempat yang ditujunya.

Oleh sebab itu, trolley adalah alat bantu pemindahan dari satu area ke area lain dalam kegiatan operasional suatu pekerjaan baik itu di perusahaan maupun di perhotelan. Trolly ini memiliki kerangka dengan bahan besi yang memungkinkan untuk menahan beban yang baik.

Trolli atau kereta dorong ini memiliki kapasitas beban yang berbeda-beda, mulai dari 150 kg, 300 kg, 400 kg, dan 500 kg dan lebih di atasnya. Juga terdapat trolley stainless steel, kayu, dan kereta dorong plastik dan memiliki tipe-tipe rak berbentuk macam-macam pada setiap tingkatnya, sangat baik digunakan untuk menunjang kegiatan operasional sehari-hari yang berat, tanpa harus khawatir akan ada barang bawaan jatuh karena diletakkan dalam trolli.

Artikel kali ini akan mengulas berbagai macam troli yang digunakan di FB&service, dari mulai fungsi dan bentuk troli yang digunakan di industri perhotelan ini. Simak artikel di bawah ini:

Jenis Troli Yang Digunakan Di F&B Service

  1. Carving Trolley
  2. Cheese Trolley
  3. Dessert Trolley
  4. Fruits Trolley
  5. Guéridon Trolley or Flambè Trolley
  6. Hors D'Oeuvre Trolley
  7. Liquor Trolley or Liqueur Trolley or Beverage Cart
  8. Room Service Trolley
  9. Salad Trolley
  10. Wine Trolley

1. Carving Trolley

Carving Trolley ini digunakan untuk membantu waiter memotong daging pesanan tamu. Fungsi utama Carving Trolley adalah sebagai alat bantu melayani tamu. dan orang yang melakukan pelayanan ini disebut dengan Carver. Carver juga dikenal sebagai trancheur yang bertanggung jawab atas setiap potongan daging yang disidangkan di meja prasmanan dan di Carving Trolley. 

Carving Trolley dipasang dengan dua lampu spiritus termetilasi pada rak paling bawah troli, dan juga membawa berbagai macam serving ,flatware dan cutleries.

2. Cheese Trolley

Keju di negara-negara Eropa merupakan bagian tradisi daripada makanan classic eropa. 

Beberapa restoran di Eropa masih menawarkan menu spesial keju terbaik sebagai ujung tombak dalam pelayanan mereka.

Ketika restoran tersebut memiliki jenis keju yang macam macam maka keju tersebut akan dipromosikan pada tamu-tamu yang menginap dan berkunjung pada restoran tersebut, mobilitas troli Keju inilah yang akan menawarkan pada mereka. 

Trolley sederhana dua tingkat ini cocok jikamana bagian atas dibuat untuk pajangan dan penyajian, bagian bawah untuk mise en place .

3. Dessert Trolley

Dessert Trolley berfungsi sebagai bantuan tambahan dalam menunjang penjualan makanan penutup di restoran tersebut. Para tamu lebih cenderung memesan makanan penutup jika tamu tersebut melihat sesuatu yang unik dan menarik ,terutama jika disajikan dengan baik pada trolley ini.

a) Untuk Makanan Manis (Sucrees Entremet) 

Trolley ini seringkali sederhana, troli dengan dua rak saja. Troli ini juga dapat dilengkapi dengan tambahan rak pajangan atas untuk inset papan dan penutup etalase berengsel yang transparan. 

Jika es krim atau sorbet dibawa di troli ini maka harus membawa alat tambahan pendingin.

Trolley ini juga dapat memasukkan sisipan tabung baja, atau panci es (mampu menahan bahan makanan beku hingga 4-5 jam setelah dikeluarkan dari freezer).

Beberapa troli mungkin memiliki kompresor pendingin mini yang ditenagai oleh baterai yang terpasang di bagian bawah yang dapat menyuplai listrik penggerak kompresor es dan dapat dioperasikan hingga 24 jam. Bagaimanapun, koneksi listrik dengan kabel trailing dan stop kontak lebih baik dihindari dalam hal estetika.

b) Untuk Pastries (Patisseries) 

Troli pastry biasanya terdiri dari bagian atas berbahan fiber-glass yang bertujuan untuk display makanan dan tamu dapat melihat menu yang ditawarkan. Permukaan troli menampilkan cake , gateaux, dan kue kering. Rak paling bawah digunakan untuk menyimpan peralatan makan seperti penjepit kue dan garpu kue dan barang pecah belah.

4. Fruits Trolley

Para tamu mungkin ingin mengakhiri makanan mereka dengan buah-buahan segar. Perilaku ini biasanya tamu yang sadar akan menjaga pola hidup sehat yang mungkin memilih untuk hanya makan salad dan buah-buahan. 

Restoran memahami akan kesadaran kesehatan ini dan oleh sebab itu memiliki troli publik khusus ini. Waiter akan secara sukarela memotong buah-buahan menjadi potong-potongan yang dapat diatur dan menyajikannya di service ware masing-masing.

5. Guéridon Trolley / Flambè Trolley

Troli guéridon atau Flambè Trolley adalah troli bergerak kecil yang dapat menampung alat pemanas portabel yang disebut réchaud yang bertujuan untuk menyajikan hidangan flambéd yang dapat diletakkan di samping meja tamu. Troli ini mampu menampung satu atau dua kompor, tabung gas dan papan kerja pada lantai bawah tempat ruang penyimpanan, ruang untuk piring dan peralatan memasak.

Dengan menggunakan troli ini, makanan yang dipesan dapat dibakar di depan meja tamu. Untuk hidangan flambé, berarti memasaknya di meja tamu. Makanan tersebut akan dibakar dengan aksi yang memukau sebelum disajikan kepada tamu. Hampir semua makanan bisa dibakar tetapi yang lebih populer adalah item yang flambéd seperti ikan, daging, buah dan makanan penutup.

Hanya pelayan atau koki yang terampil dan terlatih yang diizinkan untuk menangani layanan ini karena ada risiko tinggi yang dapat merusak makanan dengan memasaknya terlalu lama, serta kecerobohan juga dapat menyebabkan kebakaran di tempat.

6. Troli Hors D'Oeuvre

Hors-d'oeuvre yang berarti pedas dan merangsang nafsu makan.

Makanan disajikan dari troli berputar atau Tray dengan jumlah kecil setiap jenis menu dan ditempatkan pada piring tiap porsinya. Hors d'oeuvre adalah hidangan pertama dari pada menu klasik asal Prancis yang biasanya terdiri dari pilihan item kecil seperti telur, ikan, daging, buah-buahan, dan sayuran dengan saus sangat pedas (tajam).

7. Liquor Trolley / Liqueur Trolley / Beverage Cart

Sebuah liqueur trolley adalah salah satu troli yang memiliki daya tarik tersendiri di sebuah restoran yang bertemakan menu klasik. Sommelier akan bertanggung jawab atas semua troli ini.

Troli ini di khusus kan untuk spirits, liqueurs, aperitifs dan display botol bermerek yang ditaruh pada trolley atau penutup bercincin di rak paling atas troli untuk mencegah jatuh saat troli dipindahkan dari restoran ke meja.

8. Room Service Trolley

Troli ini terkenal dengan keserbagunaannya. Hal ini dikarenakan dapat digunakan untuk order service yang besar untuk tamu yang pesan di kamar mereka. Pelayan akan menyiapkan makanan dan menutupi troli dengan table cloth dan mendorongnya ke kamar tamu. Troli ini juga dapat digunakan sebagai pengganti meja makan di kamar tamu.

9. Salad Trolley

Menu salad telah menjadi hidangan yang populer pada saat ini karena seiringnya kesadaran kesehatan yang semakin meningkat. Perubahan preferensi tamu ini telah mendorong banyak restoran yang mulai memahami permintaan publik ini.

Troli salad biasanya menampung berbagai macam bahan salad dan berbagai macam saus yang akan dicampur dan dicocokkan oleh tamu untuk membuat salad pilihan mereka sendiri. Dan bisa juga disiapkan oleh waiter atas jenis apa saja salad yg diminta oleh tamu.

10. Wine Trolley

Wine service ini sangat penting untuk menambah potensi pendapatan. Troli Wine ini dapat menyimpan dan memajang berbagai botol minuman dan dapat didorong ke meja tamu untuk menaikan penjualan minuman berbagai minuman. 

Layanan troli ini banyak disediakan di restoran-restoran dan orang yang bertanggung jawab pada layanan ini adalah bartender atau sommelier yang berkualifikasi.



Images Source By: freepik.com, pixabay.com

LihatTutupKomentar