JENIS-JENIS SENDOK, PISAU DAN GARPU F&B DI RESTORAN HOTEL

Berbagai Jenis Sendok Dan Garpu Yang Digunakan Pada F&B Service Di Restoran Hotel Beserta Bentuk Dan Kegunaannya.

Berbagai Jenis Sendok Dan Garpu Yang Digunakan Pada F&B Service Di Restoran Hotel  Beserta Bentuk Dan Kegunaannya.

Jenis Sendok Dan Garpu Yang Digunakan F&B Service Di Restoran Hotel

Sendok dan garpu adalah peralatan makan yang akrab dengan keseharian kita.

Untuk penggunaan sehari-hari umumnya kita hanya menggunakan dua macam tipe sendok saja.

Yakni sendok makan dan sendok teh yang biasa digunakan untuk membuat minuman kopi atau teh.

Padahal ada banyak tipe-tipe sendok lain yang digunakan di restoran hotel yang memiliki fungsi berbeda tergantung bentuk dan ukurannya. Namun tahukah kamu, ternyata sendok dan garpu tersebut memiliki ukuran dan bentuk yang memang berbeda karena untuk menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Contohnya sendok untuk Sup dan sendok untuk Dessert memiliki ujung sendok yang berbeda ,karena memang Soup Spoon ditumpulkan agar dapat menampung cairan yang banyak sementara Dessert Spoon agak runcing untuk menusuk dan membelah makanan kategori pembuka.

Ini dia macam-macam jenis sendok di hotel berdasarkan fungsinya:

1. Baby Spoons (5.5" - 6.0")

Baby Spoons adalah sendok yang berukuran kecil daripada sendok biasanya kita kenal. Sendok jenis ini lebih besar dari Coffee Spoon dan Teaspoon, dan memang dirancang untuk penggunaan saat breakfast time, biasanya untuk membantu memakan yoghurt atau minuman dan makanan lain yang memerlukan tubuh sendok yang sedikit kecil.

Karena bentuknya yang unik, sendok ini memang sangat cocok digunakan oleh bayi dan balita.

2. Butter Knife (5.0" - 6.0")

Butter Knife adalah pisau yang digunakan untuk membantu mengoles butter pada roti tawar.

Ciri-ciri sendok butter knife adalah ujung dari pada sendok ini bilahnya membulat dan ada pula yang sedikit lebih lebar daripada ujungnya.

3. Cheese Spoon (6,5" - 7,0")

Cheese spoon adalah sendok yang dirancang untuk keju parut. Sendok keju ini cocok untuk digunakan dengan parutan keju. Bilah dari pada sendok ini bertekstur halus.

4. Coffee Spoon (4,5" - 5,0")

Coffee spoon Ini adalah sendok kecil yang dikhususkan dalam penggunaan mengaduk kopi tipe Espresso, Cappuccino ,Latte ala Italia yang cara pembuatannya disiapkan dengan Coffee Mocha machine, the Neapolitan coffee maker dan coffee-shop machine. Ukurannya yang kecil sebanding dengan cangkir dan gelas kopi yang kecil pula.

5. Cream Spoon (4.5" - 5.0")

Sendok krim ini memiliki bilah ujung yang bulat dan cekung yang mana serving ini sangat cocok untuk menyajikan saus atau krim ke makanan lain.

6. Dessert Forks (7.0" - 7.5")

Dessert Forks berukuran lebih kecil dari Table Forks dan bahkan lebih kecil dari Garpu Buah. Dessert Fork ini memiliki tiga tipe yang mana difungsikan untuk membantu menikmati hidangan pencuci mulut dan makanan manis.

7. Dessert Knife (8.0" - 8.5")

Dessert Knife adalah pisau yang memiliki bilah yang sempit dan ujung yang membulat atau meruncing.

Ujung dari pada pisau ini membulat yang mana digunakan untuk membagi makanan penutup yang lembut, dan ujung dari pada pisau ini untuk memotong makanan penutup yang keras.

8. Dessert Spoon (8.0" - 8.5")

Dessert Spoon adalah sendok yang dirancang khusus untuk penggunaan santapan makanan penutup. Dessert Spoon ini memiliki bilah ujung oval dan hampir dua kali lipat ukuran Teaspoon (sendok teh).

9. Dinner Knife (9.0" - 10.0")

Dinner Knife ini adalah pisau terpanjang dalam satu tipe knife cutlery flatware. Pisau ini digunakan untuk memotong dan mendorong makanan berat dan biasanya akan diletakkan di atas meja di semua waktu makan, formal dan informal.

10. Fish Fork (7.0" - 8.0")

Fish Forks adalah Flatware yang dirancang untuk hidangan yang berbahan dasar ikan. Penggunaannya bersama dengan Fish Knife, Fish Forks yang mana benda ini akan menyederhanakan pembersihan daging dan tulang ikan dan membuatnya lebih mudah untuk dimakan.

11. Fish Knife (8.0" - 9.0")

Pisau ikan ini memiliki bilah yang lebar dengan ujung tumpul dan ujung yang dibuat dengan titik berlekuk yang difungsikan untuk memisahkan struktur duri dari tubuh dan mengangkat tulang ikan ke piring.

12. Fruit Fork (5.5" - 6.0")

Fruit Fork atau disebut juga dengan garpu buah ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari table fork pada umumnya dan disandingkan penggunaannya bersama dengan Fruit Knife dan Fruit Spoon. Flatware ini dibuat untuk digunakan pada hidangan buah dan makanan pembuka.

13. Fruit Knife (6.0" - 7.0")

Fruit Knife adalah jenis pisau yang digunakan untuk memotong dan mengupas buah- buahan segar di meja makan formal dan informal. Pisau buah ini memiliki ujung yang runcing dan bilah pisau yang sempit dan lurus atau sedikit melengkung.

14. Fruit Spoon (5.5" - 6.0")

Fruit Spoon ini adalah sendok yang berukuran lebih kecil dari Tablespoon dan disandingkan bersama Fruit Fork dan Fruit Knife, penggunaannya digunakan pada fruit dishes dan appetizers.

15. Ham Fork (7.0" - 8.0")

Ham Forks memiliki dua tine yang dirancang untuk mengambil irisan prosciutto dan daging deli yang dipotong dengan sangat tipis.

16. Ice Cream Spoon (6.0" - 6.5")

Ice Cream Spoon ini memiliki bilah ujung sendok yang lebar yang biasanya berbentuk persegi yang memiliki fungsi untuk mengambil es krim dalam jumlah tertentu yang tepat dari wadahnya.

17. Olive Spoon (6.0" - 6.5")

Olive Spoon ini adalah sendok yang digunakan untuk menyajikan buah zaitun dan makanan pembuka lainnya yang diawetkan dalam kaleng. bila ujung sendok ini memiliki lubang untuk mengalirkan cairan, yang mana membuatnya lebih mudah untuk menyajikan makanan.

18. Oyster Fork (4.0" - 4.5")

Oyster Fork adalah flatware set yang dibuat dengan tiga tante yang melengkung, lebar dan pendek. Tine bagian samping memiliki ukuran lebih lebar untuk membantu dalam memotong selaput yang menghubungkan tiram dengan cangkangnya.

19. Pastry Fork (5.0" - 5.5")

Pastry Fork ini terlihat mirip dengan garpu salad ,namun tetapi lebih sempit dan sedikit lebih pendek yang mana berfungsi untuk memberikan daya ungkit pada saat memotong, lalu pada bagian kiri seringnya berlekuk.

20. Rice Spoon (10.0"-1.0")

Rice Spoon ini adalah sendok paling besar yang untuk menyajikan hidangan nasi dan karbo lainnya. Ujung dari pada bilah sendok ini sangat besar dan dapat menampung lebih banyak makanan pada saat mengambil.

21. Roast Fork (10.0" - 11.0")

Roast Fork adalah Flatware Fork set yang terbesar dari berbagai jenis Fork dish. Garpu Panggang ini memiliki dua titik yang dirancang untuk menusuk daging atau makanan selama makanan tersebut dan dalam proses pematangan dan Garpu ini dapat memutar ,membalikan selama memasak.

22. Salad spoons (8.5" - 9.0")

Salad spoons ini sangat cocok dengan Salad Forks yang mana memiliki bentuk memanjang yang dapat membantu mencampur salad atau sayuran dan memilahnya , dan juga dapat membuatnya lebih mudah untuk disajikan.

23. Serving Spoons&Fork (10.0" - 11.0")

Serving spoon sangat cocok disandingkan bersama dengan Serving Fork. Sendok Penyajian ini lebih besar daripada tablespoon yang mana dirancang untuk menyajikan lauk pauk yang berbeda. Bilah ujung sendok ini besar memungkinkan untuk menampung lebih banyak makanan.

24.Snail Forks (4,5" - 5,0")

Snail Forks adalah garpu makan kecil yang mana digunakan untuk serving minuman beralkohol, bisa juga untuk menusuk zaitun, siput, canape ,dan makanan ringan lainnya serta makanan pembuka.

25. Soup Spoon (7.0" - 7.5")

Soup Spoon memiliki bilah sendok lebar yang mana dirancang untuk menampung kuah sup dalam porsi yang cukup.

26. Steak Knife (8.0" - 9.0")

Steak Knife adalah jenis pisau yang memiliki ujung yang tajam dan tepi yang bergerigi yang mana bertujuan untuk memotong bagian daging yang tebal. Pada jamuan formal, pisau steak tidak disediakan. Karena biasanya daging disajikan dengan cara dipanggang , akan diproses pelunakan yang mana akan mudah dipotong dengan pisau makan biasa.

27. Sugar Spoon (5.5" - 6.0")

Sugar Spoon adalah sendok yang memiliki bilah ujung yang panjang dan sempit dengan tepian yang sedikit mengangkat. Bilah khusus ini bertujuan untuk menuangkan gula dari dalam wadah yang kecil ke dalam cangkir berukuran kecil pula dan tanpa menumpahkannya.

28. Sundae Spoons / Parfait Spoon (9.0" - 10.0")

Sundae Spoons ini sendok yang dicirikan dengan gagang sangat panjang. Sendok ini dirancang untuk membantu kita mengaduk minuman di gelas panjang, seperti di minuman koktail, dan minuman apa pun yang disajikan dalam gelas tinggi. Bentuk sendok ini ramping dan panjang memungkinkannya mencapai bagian dasar gelas apa pun.

29. Table Fork (8.0" - 8.5")

Table Fork Ini adalah garpu yang kita sering kita gunakan setiap harinya. Garpu ini dapat digunakan untuk menyantap pasta, hidangan nasi, daging atau sayuran. Garpu ini dirancang untuk penggunaan sehari-hari dengan berbagai macam hidangan yang beda-beda.

30. Table Knife (8.0" - 8.5")

Table Knife adalah jenis pisau yang sering kita gunakan setiap hari untuk menyantap hidangan utama. Table Knife dapat digunakan untuk menusuk daging dan sayuran. Pisau inipula dirancang untuk digunakan dengan berbagai macam hidangan yang berbeda.

31. Table Spoon (8.0" - 8.5")

Tablespoon ini adalah jenis flatware yang sering digunakan oleh kita setiap hari pada hidangan utama. Sendok ini dapat digunakan juga untuk menyantap sup dan hidangan nasi. Bilah ujung sendok ini dirancang untuk menyantap makanan dalam jumlah yang pas.

32. Tea Spoon (5.0" - 5.5")

Teaspoon ini adalah sendok berukuran sangat kecil. Sendok jenis ini lebih besar dari Sendok Mocha dan dirancang dalam penggunaan aduk mengaduk teh, kopi americano, cappuccino , teh herbal , kopi ginseng, dan minuman lain yang disajikan dalam cangkir kopi biasa. Images Source By: freepik.com

LihatTutupKomentar