ISTILAH-ISTILAH | TERMINOLOGI YANG ADA DI HOUSEKEEPING

ISTILAH-ISTILAH ATAU TERMINOLOGI KATA YANG BERKEMBANG DAN ADA DI HOUSEKEEPING INDUSTRI PERHOOTELAN.

ISTILAH-ISTILAH | TERMINOLOGI YANG ADA DI HOUSEKEEPING

Terminologi Atau Istilah Yang ada Di  Housekeeping

Bekerja di Departemen Housekeeping memiliki banyak resiko terpaparnya zat kimia berbahaya dalam rutinitas pekerjaan sehari-hari mereka, karena dalam praktek kerja di lapangannya housekeeping selalu melibatkan berbagai cairan kimia dalam membantu membersihkan area atau peralatan kotor.

Bukan hanya zat kimia tetapi juga housekeeping akan menghadapi pekerjaan yang berbau dengan sanitasi yang mengarah pada unsur biologi, yang mana di dalam benda atau tempat kotor terdapat bakteri ,jamur dan kuman yang berbahaya bagi tubuh.untuk menangani ini semua staf harus dibekali dengan pengetahuan luas mengenai tata cara penanganan self safety prosedur, pada saat melakukan pekerjaan di manapun. Departemen HK mengharuskan karyawan untuk menangani zat beracun seperti asam, alkali dll. Dan juga karyawan tanpa sadar dapat bersentuhan dengan bakteri atau patogen dan virus. karena sifat lingkungan kerja mengharuskan seperti itu maka dibutuhkan training karyawan mingguan atau terjadwal supaya tidak terjadi yang tidak diinginkan. Dalam kasus semacam ini maka timbullah terminologi yang berkembang pada saat ini. Terminologi adalahi istilah-Istilah yang berkembang di lingkungan kerja Departemen HK.

Istilah-istilah yang berkembang di housekeeping
Contohnya sebagai berikut:

1) Abrasive

Abrasives adalah zat berpasir yang digunakan untuk menghilangkan tanah dan komponen pembantu poles yang berat. Abrasives dapat digunakan dengan aman pada stainless steel, ubin keramik dan beberapa jenis barang pecah belah.

2) Acids

Acids atau Zat Asam adalah zat yang terdiri dari ion hidrogen yang digabungkan dengan anion. Zat Asam yang sering digunakan adalah asam sitrat dan cuka yang lemah dapat digunakan untuk membersihkan kaca, perunggu, dan baja tahan karat. Asam memiliki pH kurang dari 7 sampai 0.

3) Aerobic

Mengacu pada adanya oksigen dalam reaksi.

4) Aerosols

Aerosol adalah suspensi partikel padat halus atau tetesan cairan, di udara atau gas lain. Aerosols adalah partikel yang terdispersi dalam gas dan dikemas di bawah tekanan dengan alat untuk melepaskannya sebagai semprotan halus.

5) Alkohol

Ini adalah senyawa organik yang molekulnya mengandung satu atau lebih gugus hidroksil yang terikat pada atom karbon. Atau dengan kata lain senyawa organik yang mengandung ion OH- sebagai gugus reaktifnya. Alkohol biasa disebut sebagai "spirtus". Alkohol ini sangat dikenal oleh banyak orang karena manfaatnya yang besar 6) Algae

Alga adalah organisme biologi terutama mengacu pada tumbuhan yang hidup di area lembab, air, eukariotik, bersel tunggal atau multiseluler tanpa akar, daun, dan bunga sejati. Mereka biasanya autotrof, fotosintesis dan mengandung klorofil.

Mereka juga dapat menempel pada struktur bawah air, batu atau permukaan yang terendam , lantai ,dinding ,atap ,besi dan peralatan lainnya.

7) Alkali

Senyawa anorganik terdiri dari ion hidroksil (OH-) yang dikombinasikan dengan kation. Alkali dalam all-purpose cleaners atau pembersih serbaguna yang biasanya memiliki nilai pH antara 8 dan 9,5. Sebuah skala PH mengukur keasaman atau kebasaan suatu zat dibandingkan dengan air. Alkali memiliki nilai lebih dari 7 sampai 14.

8) Anaerobic

Anaerobic adalah sebuah kondisi yang mengacu pada tidak adanya oksigen/air dalam reaksi atau kehidupan, aktif, terjadi, atau tanpa adanya oksigen bebas.

9) Anion

Anion adalah sebuah ion bermuatan negatif. yaitu salah satu yang akan tertarik ke anoda dalam elektrolisis.

10) Antiseptic

Antiseptic adalah senyawa kimia yang membuat lingkungan tidak kondusif untuk pertumbuhan dan reproduksi mikroba penyebab penyakit (patogen).

11) Asepsis

Asepsis adalah proses pembersihan permukaan agar bebas dari mikroba dan infeksi atau dengan kata lain tidak adanya bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya.

12) Atom

Atom adalah partikel terkecil dari unsur yang menampilkan sifat-sifat unsur tersebut.

13) Autoclave

Autoclave adalah proses peralatan yang dipanaskan dengan suhu tertentu yang digunakan untuk mensterilkan barang yang terbuat dari logam. contoh menggunakan uap di bawah tekanan.

14) Bacteria

Mikroorganisme bersel tunggal yang dapat hidup secara mandiri atau sebagai parasit.

15) Bactericide

Bactericide adalah senyawa yang dapat membunuh sebagian besar bakteri tetapi tidak membunuh sporanya.

16) Bacteriostatic

Bacteriostatic adalah zat atau senyawa kimia yang dapat membuat lingkungan tidak kondusif untuk pertumbuhan dan reproduksi bakteri.

17) Biodegradable

Biodegradable adalah zat yang dapat terurai dengan alami oleh bantuan mikroorganisme yang hidup pada bahan organik ,atau barang-barang yang mampu diuraikan oleh bakteri atau organisme hidup lainnya dan dengan demikian menghindari polusi. Contohnya pembusukan pada makanan ,minuman dan bangkai.

18) Cations

Cations adalah sebuah ion bermuatan positif ,yang akan tertarik ke katoda dalam elektrolisis.

19) Caustic Alkalis

Caustic alkalis atau alkali kaustik adalah zat kimia berbahaya, yang sangat kuat seperti natrium hidroksida (soda api).

20) Cells / Sell

Semua organisme hidup penyusun pada makhluk hidup yang terdiri dari unit dasar yang disebut sel. Contohnya: sel darah merah dan sel darah putih.

21) CFCs

Chlorofluorocarbons adalah senyawa kimia yang mengandung klorin, fluor dan karbon. Ini adalah zat yang digunakan dalam sistem pendingin udara dan kulkas. Ketika zat-zat ini rusak pada paparan sinar ultraviolet, produk yang dihasilkan bereaksi dengan lapisan ozon pelindung bumi dan merusaknya.

22) Chemical Compounds

Chemical compounds adalah senyawa kimia yang molekulnya terdiri dari atom dari setidaknya dua elemen yang berbeda. Misalnya, natrium karbonat (Na2CO3).

23) Chemical reaction/ Reaksi Kimia

Suatu proses yang mengarah pada perubahan zat kimia. Zat yang ikut serta dalam reaksi disebut sebagai reactants, sedangkan zat yang dihasilkan dalam suatu reaksi disebut sebagai 'produk'.

24) Chlorine/Klorin

Chlorine/Klorin adalah unsur golongan halogen digunakan sebagai pembersih dan pemutih pakaian.

25) Corrosion / korosi

Corrosion adalah pengikisan logam lapis demi lapis akibat bereaksinya senyawa di permukaan logam dan disebut korosi. Contohnya korosi pada besi dan nama umumnya berkarat.

26) Detergents

Detergents adalah bahan pembersih yang digunakan bersama dengan air, dapat melepaskan dan menghilangkan kotoran, kemudian menahannya dalam suspensi agar kotoran tidak mengendap kembali pada permukaan yang bersih. Deterjen dapat terdiri dari dua jenis deterjen sabun dan deterjen sintetis (non-sabun).

27) Dilution/Pengenceran

Dilution atau Pengenceran adalah proses pengurangan kekuatan bahan pembersih dengan menambahkan pelarut lain, biasanya air.

28) Disinfectants

Disinfectants adalah senyawa pembunuh bakteri, jamur dan lumut. Pembersihan dengan desinfektan biasanya mahal. Istilah 'desinfektan' sekarang digunakan sebagai istilah umum yang mencakup semua jenis obat yang untuk pengendalian kuman.

Pembersih serba guna yang biasa digunakan dengan prosedur pembersihan, pembilasan, dan pengeringan yang tepat biasanya sudah cukup untuk pengoperasian penginapan.

29) Delimiters

Delimiters adalah cairan kimia berfungsi menghilangkan endapan mineral yang dapat membuat permukaan kusam, bersisik dan/atau berubah warna.

30) Deodorizers / Pengharum

Deodorizer adalah pengharum ruangan yang dirancang untuk menghilangkan bau di dalam ruangan. Beberapa pengharum ruangan dapat meninggalkan bercak pada permukaan lantai ,sebaiknya penggunaan bahan ini digantung pada paku.

31) Elements

Element adalah unsur logam atau nonlogam yang tidak dapat dibagi lagi menjadi beberapa unsur.

32) Fiberglass Cleaners

Fiberglass Cleaners adalah alat khusus untuk membersihkan peralatan yang terbuat dari fiberglass. Setiap hotel memiliki peralatan yang terbuat dari bahan ini contohnya adalah bathtub shower ,sehingga untuk membersihkannya harus menggunakan alat khusus yang yang tidak merusak permukaan contohnya dengan fiber glass cleaner ini.

33) Germs/ Kuman

Germs atau Kuman adalah jenis mikroorganisme yang tidak terlihat,namun untuk nama ilmiah dari pada hewan ini adalah bacteria. Germs adalah istilah yang dipakai untuk menyebut bakteri dan mikroorganisme lain.

34) Halogens

Halogens adalah unsur reaktif dari bagian kelompok ketujuh table periodik. halogen terdiri dari lima unsur yang berhubungan dengan senyawa kimia, diantaranya: fluor (F), klor (Cl), brom (Br), yodium (I), dan astatin (At). Unsur-unsur inti dalam kelompok ini adalah klor, brom, iodium dan fluor.

35) Health / Kesehatan

Health adalah sebutan untuk kondisi fisik yang prima tante memiliki gejala kesehatan seperti fisik mental sosial dan spiritual yang baik dan tentu bebas dari suatu penyakit dan cedera.

36) Hydrocarbons

Hydrocarbons atau hidrokarbon adalah senyawa organik yang seluruhnya terdiri dari hidrogen dan carbon.

37) Hydrogen

Hidrogen Adalah senyawa dengan massa paling ringan dan terbentuk dalam gas pada suhu dan tekanan standar. Senyawa ini terbentuk dari beberapa komponen seperti air ,asam dan lainnya.

38) Hygiene / Kebersihan

Hygiene atau kebersihan adalah ilmu yang mempelajari kesehatan dengan melakukan standar kebersihan yang ketat.

39) Inorganic Compounds / Senyawa Anorganik

Inorganic Compounds adalah unsur yang terdiri dari kombinasi kimia dari dua unsur yang bukan karbon.

40) Iodine / Yodium

Iodine adalah halogen berwarna putih sampai ada yang coklat tua yang digunakan untuk desinfektan karena sifatnya yang sangat reaktif.

41) Ions

Minion adalah sebuah Atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif bergerak di sekitarnya.

Sebuah atom alami memiliki listrik lemah tetapi jika ditambahkan elektron maka akan bermuatan listrik yang membentuk ion.

Jika ion ditambahkan lebih elektron maka muatan atom menjadi negatif dan disebut sebagai anion. disisi lain jika satu atau lebih elektron dikeluarkan dari atom netral yang menjadi bermuatan positif dan disebut kation.

42) Micro-organisms

Mikroorganisme atau mikroba bakteri adalah organisme mikroskopis yang terbentuk dari beberapa sel tunggal. Micro-organisms adalah makhluk hidup yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang dan hanya mampu dilihat melalui mikroskop elektron.dan beberapa contoh mikroorganisme diantaranya bakteri ,jamur ,protozoa ganggang dan virus.

43) Molecules

Molecules atau molekul adalah partikel terkecil dari suatu unsur atau senyawa yang terdapat di sekitar kita. Molekul adalah suatu unsur yang bersifat kimiawi.

44) Metal Cleaners / Pembersih Logam

Metal Cleaner adalah cairan pembersih yang biasanya berbahan dasar minyak untuk menghilangkan kotoran pada peralatan logam tetapi akan menghasilkan lapisan minyak pada permukaan nya.

Disarankan untuk memilih bahan pembuatnya yang terbuat dari unsur air bukan minyak.

45) Nitrogen

Nitrogen adalah gas yang paling melimpah di atmosfer bumi (78 persen). Ini digunakan dalam produksi amonia dan asam nitrat.

46) Neutralization / Netralisasi

Neutralization adalah ketika dua senyawa digabungkan dalam proporsi yang sama contohnya asam dan basa akan membentuk larutan yang netral dan reaksi tersebut dinamai dengan netralisasi.

47) Organic Compounds

Organic compounds adalah senyawa yang terdiri dari karbon hidrogen dan oksigen yang membentuk jadi satu komponen.

48) Oxygen

Oxygen atau oksigen ini adalah unsur molekul O2 dan gas yang tidak berwarna dan tidak berbau kemudian membentuk 21% udara. Oksigen adalah salah satu komponen pada ozon (O3) dan air (H2O)

49) Pathogenic

Pathogenic adalah mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit ,dan nama ini digunakan untuk jenis bakteri tertentu.

50) Pests atau Hama

Serangga atau binatang kecil lainnya yang merugikan atau menyebabkan kerusakan pada tanaman.

51) Pesticides

Pesticides adalah larutan yang biasanya digunakan untuk membunuh hama serangga atau organisme yang mengganggu dan merusak tanaman budidaya atau pada ternak.

52) PH Scale

PH Scale adalah ukuran yang menunjukan keasaman, basa atau netral suatu zat tertentu. Menurut skala pH 7 adalah netral ,sementara asam memiliki pH kurang dari 7 dan alkali memiliki nilai lebih dari 7.

53) Phenols

Phenols ini adalah senyawa organik turunan alkohol yang berasal dari benzena dan digunakan dalam pembuatan desinfektan.

Namun lebih terkenalnya dengan nama karbol , harus hati-hati dalam menggunakan cairan ,setidaknya jika tersentuh tangan harus disiram dengan air bersih.

54) Pollution / Polusi

Pollution adalah konstituen berbahaya hasil dari pembakaran dan merusak udara, air, suara.

55) Quats

Quats adalah senyawa amonium kuartener yang sering digunakan menjadi desinfektan.

56) Radicals

Radicals atau radikal bebas adalah sekelompok atom bereaksi kimia dalam jumlah yang banyak dan berkeliaran bebas pada udara. Cluster ini disebut radikal. Misalnya sulfat (SO42-), karbonat (CO32-), bikarbonat (HCO3-), dan sebagainya adalah pengelompokan radikal.

57) Reagents

Larutan kimia seperti asam basa atau alkohol yang digunakan dalam berbagai reaksi.

58) Saline

Saline adalah larutan yang mengandung garam.

59) Salts

Salts adalah unsur zat netral yang terbentuk dari dua senyawa asam dan basa kemudian bereaksi pada saat bercampur. Untuk garam yang sering kita gunakan itu terbentuk secara alami ,NaCl (garam).

60) Sanitizer

Agen yang digunakan untuk mengurangi jumlah mikroba ke tingkat yang dapat diterima.

61) Spores / Spora

Spores adalah mikroorganisme yang hidup pada lingkungan lembab ,biasa kita kenal dengan jamur.

62) Sterilization

Proses membunuh semua jenis mikroorganisme bakteri ,virus dan spora.

63) Surfaktan

Surfaktan adalah senyawa yang memberikan daya pembasahan yang baik, daya pengemulsi, dan daya suspensi pada deterjen.

64) Valensi

Sebuah atom dari setiap unsur memiliki daya gabung yang pasti, yang disebut valensinya. Itu diukur dengan mengacu pada hidrogen. Misalnya, valensi hidrogen itu sendiri adalah 1 dan karbon adalah 4, yang berarti bahwa atom hidrogen dapat bergabung dengan atau menggantikan satu atom hidrogen sementara atom karbon dapat menggantikan atau bergabung dengan empat atom hidrogen. Rumus senyawa tergantung pada valensi unsur-unsur yang bergabung.

65) Waste / Limbah

Sampah adalah istilah kolektif untuk sesuatu yang tidak diinginkan, tidak digunakan, tidak berguna atau dibuang. Istilah 'sampah' 'sampah', 'refuse', 'sampah', 'residu', 'abu', 'limbah biologis', 'limbah produk samping cair' dan limbah produk sampingan padat' semuanya menyiratkan bahan limbah sebagaimana dimaksud dalam berbagai budaya atau ketika dalam berbagai bentuk.

66) Wetting Agents

Wetting Agents memecah tegangan permukaan air dan membiarkan air masuk ke belakang kotoran untuk mengangkatnya dari permukaan.

67) Water / Air

Water atau Air adalah bahan kimia penting dalam sebagian besar larutan pembersih. Ironisnya, air bisa menjadi yang paling sulit untuk digunakan karena air keran tidak sama dari kota ke kota, kota ke kota, atau negara ke negara. Air menyerap mineral yang mempengaruhi kemampuannya untuk membersihkan atau bereaksi dengan bahan pembersih. Air dianggap sebagai pelarut universal H2O, dan bahan pembersih paling dasar. Images Source By: freepik.com, pixabay.com


LihatTutupKomentar