BERBAGAI JENIS KAIN PEMBERSIH & KEGUNAANNYA DI HOUSEKEEPING

BERBAGAI JENIS-JENIS KAIN UNTUK PEMBERSIH BESERTA KEGUNAANNYA DI HOUSEKEEPING HOTEL.

BERBAGAI JENIS KAIN PEMBERSIH & KEGUNAANNYA DI HOUSEKEEPING

Jenis Kain Pembersih Dan kegunaannya Di Housekeeping

Penggunaan kain dalam Departemen housekeeping sangat penting, ada berbagai jenis kain yang digunakan di departemen HK ini untuk melakukan berbagai kegiatan pembersihan seperti pembersihan basah dan kering.

Untuk penggunaan yang efisien dan benar dari kain pembersih ini harus diberi kode warna dan pula staf perlu dilatih dengan baik dalam memilih dan menggunakan jenis kain yang berbeda untuk jenis pembersihan tertentu.

Penyeka (Swabs)

Swabs ini adalah kain serbaguna yang terbuat dari bahan yang lembut dan menyerap air.

Kain ini digunakan dalam pembersihan basah ,seperti mengelap debu basah di setiap permukaan barang dan peralatan sanitasi seperti bathtub dan urinoir.

Tissue (Wipes)

Tisu termasuk jenis kertas daur ulang yang nyaman dipakai. Kertas ini tersedia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk. Tisu ini lebih baik daripada kain dalam hal penerapan untuk dinding, kaca dan pelapis.

Lap (Dusters)

Dusters ini berfungsi untuk mengelap debu tipis atau buffing. 

Terbuat dari bahan katun yang polos dan lembut yang bagus dalam penyerapan atau kain flanel kuning sangat cocok untuk dusting ini.

dalam penggunaannya permukaan harus terlebih dahulu disemprot dengan cairan pembersih agar lembab.

Cloth Mittens ( Sapu Tangan Kain)

Kain ini dapat diresapi dan dilapisi dengan minyak mineral. Kain lap ini harus dilipat beberapa kali menjadi bantalan seukuran tangan dan diberi air sebelum digunakan untuk memberikan sejumlah permukaan yang kotor dan menghindari penyebaran kotoran lagi ke permukaan yang bersih.

Floor Cloth

Jenis kain ini lebih besar lebih tebal dan terbuat dari bahan katun yang lebih kasar. Kain ini digunakan untuk membersihkan permukaan kasar contohnya seperti mengelap alas WC ,lantai ubin ,membersihkan lantai marmer atau granit dan menghilangkan tumpahan minuman pada lantai.

Scrim

Kain ini terbuat dari bahan benang tenunan yang longgar menyerupai seperti karung halus. Scrimini adalah kain yang paling bagus dalam penyerapan cairan karena sifatnya yang berserat kering dan baik digunakan untuk mengelap kaca jendela.

Glass Cloths

Lap ini terbuat dari benang pakaian oleh karena itu sering digunakan untuk membersihkan cermin ,gelas minuman dan peralatan terbuat dari kaca.

Chamois Leather

Chamois leather ini terbuat dari kulit binatang namun seiring berjalannya waktu kini sering dibuat menggunakan kulit sintetis.Alat ini biasa digunakan untuk membersihkan jendela kaca ,cermin ,logam , plastik dan barang berpermukaan lembut.

Di Indonesia sendiri sering menyebutnya dengan kanebo.

Dust Sheets

Dust sheets adalah kain yang terbuat dari bahan katun tipis yang berukuran 1 lembar kertas. Sprei atau tirai yang tidak terpakai sangat cocok untuk dijadikan kain lap ini, karena bahannya dingin dan menyerap minyak. 

Kain ini biasanya digunakan untuk mengelap dan menutup furniture atau barang selama area sedang dibersihkan 

Druggets

Druggets ini adalah lapisan lantai yang terbuat dari karet yang permukaannya kasar. Biasanya digunakan sebagai karpet di bar diletakkan di samping pintu untuk mencegah kotoran yang berlebih masuk pada saat cuaca buruk atau selama proses dekorasi area.

Jenis karpet ini juga sering digunakan pada lorong antara bagian ruang dapur dan ruang makan yang bertujuan untuk menetralkan tumpahan dan puing-puing pada lantai sehingga tidak membuat licin.

Rag Clothes

Rag Clothes adalah kain sekali pakai dari limbah perusahaan jahit yang biasanya digunakan untuk mengoleskan minyak atau cairan pembersih kimia yang beracun.

Heart Dan Bucket Cloth

Heart Dan Bucket Cloth adalah kain tebal yang digunakan untuk melindungi karpet dan lantai ketika fireplace sedang dilakukan pembersihan atau pula ditempatkan di bawah bucket ember untuk mencegah flek pada permukaan lantai. Namun kain ini sangat tidak menyerap air.

Polish Applicators

Polish applicators adalah alat yang berbentuk lonjong biasanya terbuat dari plastik dan kain yang dilapisi busa di dalamnya. Dan cara penggunaannya adalah dengan cara menggosok bagian permukaan benda yang kotor,namun tidak bisa digunakan pada permukaan benda yang kasar.

Ada 3 jenis Polish Applicators:

  1. Natural lambswool, dengan wadah atau baki cairan semir yang terpasang di dalam.
  2. Synthetic Wool, dengan wadah atau baki bercairan semir terpasang.
  3. Solid-wax bertekanan yang padat.

 

Images Source By: freepik.com, pixabay.com

LihatTutupKomentar