APA ITU BANQUET ROOM STYLE SETUP DI HOTEL

Banquet Room Style Setup Di Hotel, Ruangan Ruangan yang ada di hotel

 

APA ITU BANQUET ROOM STYLE SETUP DI HOTEL

Banquet Room Style Set Up Di Hotel


Apa yang dimaksud Banquet style set up.


Banquet style set up adalah prosedur pelayanan penataan meja dan ruangan untuk keperluan acara tertentu. Sementara


Banquet room set up adalah prosedur pelayanan di hotel yang meliputi penataan keseluruhan sebuah gaya/tipe ruangan yang akan dipakai yang meliputi meja kursi, panggung, sound system, catering dll ,untuk keperluan acara tertentu.


Penataan meja kursi dan ruangan disebut dengan function room lay out. Yaitu di mana staff Banquet mengatur tata letak meja ,kursi dan ruangan untuk digunakan dalam keperluan meeting atau acara tertentu di suatu hotel.


Penataan meja dan kursi beserta alat yang dibutuhkan dalam acara pada function room biasanya akan menyesuaikan dahulu dengan tujuan acara dan jumlah tamu yang akan menghadiri dalam acara tersebut.


Karena jumlah tamu undangan akan menentukan gaya ruangan banquet apa yang akan digunakan.


Beberapa layout function room yang akan ditawarkan pihak hotel kepada para tamu diantaranya adalah :


1. Desain dan dekorasi ruangan banquet yang luas dan serba guna. Biasanya digunakan untuk acara pernikahan.  Tipe ini biasanya harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal karena diperuntukkan untuk jumlah undangan yang banyak , seperti pernikahan, konser atau acara-acara yang  membutuhkan ruangan yang sangat besar. Tpe ini juga disediakan catering sesuai pax yang dipesan. Dan makanan minuman yang disajikan pun sangat beragam. 


2. Desain dan dekorasi ruangan yang tidak begitu luas kompleks. Biasanya tipe ini diperuntukkan untuk acara atau event yang sedikit orang. Contohnya seperti meeting ,kursus atau pelatihan. 


Untuk tipe ini tidak disediakan catering namun akan disediakan coffe break saja. Budget yang perlukan untuk layanan ini pun tidak semahal yang serbaguna.


Dalam proses melayani para tamu undangan staff banquet dituntut harus benar-benar cepat dan gesit , karena akan sangat kelimpungan melayani banyak tamu dari mulai  service, clear up dan refill makanan catering yang habis.


Banquet harus mengambil makanan ke kitchen dan merefilkan nya di banquet hall.



Cara terbaik untuk menata sebuah ruangan tergantung pada beberapa faktor yang mesti di catat, di antaranya: 


Faktor Penting Menentukan Style/Gaya Ruangan

  • Kondisi sebuah ruangan yang akan dipakai.
  • Jumlah audiens atau tamu yang akan menghadiri, yaitu (per pax.nya minimum dan maksimum).
  • Acara atau kegiatan apa yang akan berlangsung di ruangan tersebut.
  • Tempat apa yang dibutuhkan untuk meja makan, meja rapat dan meja kepala.
  • Rincian peralatan yang akan dibutuhkan misalnya LED proyektor, layar, podium, Flip chart, papan, sound sistem ,lantai dan panggung dll.



Jenis-Jenis Function Room

  1. Convention Hall
  2. Banquet Hall
  3. Ballroom
  4. Meeting Room

1. Convention Hall

Convention Hall adalah ruangan pertemuan atau balai sidang dengan bangunan yang dirancang yang sangat besar untuk menampung banyak orang yang mengadakan sebuah kegiatan berkumpul atau pertemuan besar dengan kelompok dan individu. Area lantai gedung biasanya memiliki cakupan yang sangat luas untuk menampung ribuan orang.

Biasanya kursi dan meja serta peralatan di convention hall tidak dapat dibongkar pasang seperti halnya Banquet Hall dan Ballroom Hall.

Pusat cenvention biasanya memiliki setidaknya satu auditorium dan juga memiliki ruang konser, ruang kuliah, ruang rapat, dan ruang konferensi.


2. Banquet Hall

Banquet Hall adalah ruangan pertemuan dan acara dengan jumlah besar melebihi ruangan meeting room yang khusus di miliki oleh Departemen Banquet saja.

Banquet hall sama fungsinya dengan Ballroom Hall yaitu untuk acara-acara yang membutuhkan tempat yang luas, namun tempat banquet hall tidak di lantai dasar biasanya letaknya dilantai kedua atau ketiga.

Banquet Hall di peruntukan untuk acara pernikahan, launching produk, konser dll. Dan biasanya setelah acara selesai maka perlengkapan acara akan di bongkar dan Banquet Hall di kosongkan untuk tema acara selanjutnya.

3. Ballroom/Balhall

Sebuah Ballroom atau Balhall adalah ruangan besar yang berada pada sebuah bangunan, seperti halnya sebuah ruang tamu di rumah kita atau sebuah aula. Namun Ballroom ini biasanya terdapat di sebuah hotel bintang empat ke atas saja.


Balroom atau Balhall ini diperuntukkan sebagai ruang serbaguna untuk acara-acara besar yang mengundang banyak peserta. Ballroom ini berbeda dengan Banquet Hall, untuk barung sendiri biasanya berada pada lantai dasar hotel dan letaknya di depan langsung bersebelahan dengan pintu masuk dan keluar hotel. Sementara banquet hall biasanya terletak di lantai kedua atau ketiga dan ruangan tersebut khusus dimiliki oleh Departemen Banquet saja.


Ballroom umumnya cukup besar, dan mungkin memiliki langit - langit lebih tinggi dari ruangan lain di hotel itu, juga berhiaskan dengan lantai marmer, dinding yang mewah serta lampu yang indah. Balhall ini juga dapat menampung tamu banyak juga dapat membangun sebuah panggung konser di dalamnya.


Sama halnya dengan banquet hall biasanya juga digunakan untuk acara pernikahan, launching produk, konser ,acara-acara besar lainnya dll.

4. Meeting Room

Meeting Room adalah ruangan kecil menampung kurang dari 50 orang. Biasanya Meeting Room ini di gunakan untuk acara meeting sebuah perusahaan, kelompok, organisasi dll.



Tipe Gaya Penataan Ruangan Perjamuan / Acara

  1. Wedding Style / Pernikahan
  2. Board Meeting Styl/ gaya Rapat Dewan
  3. Herringbone atau fish bone style/ gaya tulang ikan
  4. Hollow Square Style/ gaya Persegi Berongga
  5. Lecture Room - Training Room Style
  6. School Room
  7. T Shape/ Bentuk T 
  8. Theater Style/Gaya Teater
  9. U Shape Style 



Image source: freepik.com

LihatTutupKomentar