7 JENIS OLAHAN TELUR DI RESTORAN HOTEL

Macam macam jenis breakfast telur yang ada di Restoran Hotel yang sering kita temui ketika berkunjung ke Restoran atau Hotel.

Berbagai Jenis Olahan Telur Yang Ada Di Restoran Hotel

Jenis-Jenis Olahan Telur Yang Ada Di Restoran Hotel

Telur memainkan peran penting dalam memasak karena dapat disajikan sebagai hidangan utama, sebagai pelengkap hidangan atau sebagai bahan dalam suatu item lainnya. 

Karena sifatnya yang serbaguna, telur juga dianggap sebagai bahan baku utama di sebagian besar makanan di dunia. Telur juga memberikan kelembapan, kekayaan rasa, tekstur, dan pula struktur pada hidangan.

Prosedur dasar penggunaan telur dalam memasak haruslah memperhatikan kesegarannya. Salah satu telur yang segar harus digunakan untuk memasak karena seiring bertambahnya usia telur maka kualitas rasa telur itu akan sangat mempengaruhi pada makanan.

Semua resep telur biasanya menggunakan telur ayam kecuali ditentukan telur lain dalam menu atau buku resep. Di bawah ini adalah contoh jenis telur yang biasa dihidangkan di restoran pada saat breakfast.

Menu berbahan telur yang sering ada pada daftar makanan di Restoran Hotel. Di antaranya sebagai berikut:

1. Soft Boiled Egg (Telur Rebus Lembut)

Telur rebus lunak ini biasanya memiliki putih telur yang lembut dan hangat, kuning telur nya yang agak encer. Disiapkan dengan menurunkan telur secara perlahan ke dalam air mendidih selama sekitar 5 hingga 6 menit.

Telur rebus disajikan dalam soupcup, di mana bagian atas telur itu dipotong dengan pisau atau sendok dan cara memakannya dengan menggunakan sendok teh untuk mengambil telurnya.

2. Hard Boiled Egg (Telur Rebus Keras)

Telur rebus ini memiliki putih telur yang keras dan kuning telur nya pun keras. Cara membuatnya telur dimasukkan dengan perlahan, masukkan telur ke dalam air yang mendidih selama sekitar 10 hingga 15 menit.

Telur rebus dapat disajikan pada saat dingin atau panas dan disajikan kepada para tamu setelah kulit telur itu dikupas semuanya.

3. Scrambled Egg (Telur Orak Arik)

Scrambled Egg adalah hidangan yang terbuat dari telur yang diaduk atau dikocok , namun cara dia duduknya di dalam wajan sambil dipanaskan dengan api kecil, biasanya ditambahkan garam dan batter dan bahan lainnya yang bervariasi.

Selain itu, telur orak-arik dapat disajikan dengan susu atau tanpa tambahan cream dan susu. Bisa juga disajikan dengan roti panggang, ham matang, bacon, jamur panggang,jagung ,sosis suwiran daging, dll.

4. Fried Egg(Telur Goreng)

Telur goreng adalah jenis menu telur yang paling banyak dipesan pada saat breakfast.

Ada empat jenis goreng telur:

1) Over Easy 

Telur dimasukkan ke dalam wajan dengan putihnya berbentuk bulat sempurna dan kemudian dibalik untuk mematangkan bagian yang atasnya sampai putihnya mengeras tetapi kuningnya harus tetap lunak.

2) Sunny Side Up 

Cara memasak telur seperti ini dengan memasukan telur ke wajan ,yang diberi mentega,garam dan taburkan bumbu lain sesuai permintaan lalu tanpa membalik telur itu hingga putih telur matang dan kuning telur ½ matang. namun keduanya tetap lunak.

Agar tidak gosong gunakanlah api yang kecil.

3) Hard Fried

Cara memasak telur seperti ini yaitu dengan memasukkan telur ke dalam wajan yang diberi butter lalu masa hingga putihnya mengeras.

Lalu tambahkan garam merica dan bumbu lainnya sesuai kebutuhan kemudian tusuk kuningnya untuk memastikan kuning telur matang dengan merata, balik telur dan masak hingga putih dan kuning telur nya matang di sebagiannya dengan sempurna atau bisa juga masak hingga tekstur kuning telur masih sedikit lunak. 

Gunakan api kecil agar telur tidak gosong.

4) Basted 

Cara membuat telur jenis ini yaitu dengan memasukkan telur ke dalam wajan yang diberi butter lalu masak tanpa membalik dan olesi kuning telurnya dengan butter atau mentega panas dan tutup panci hingga sedikit mengukus. 

Kuning telur sedikit ditambahkan putihnya dan putihnya dibentuk bulatan dan pastikan kuning telur matang secara menyeluruh namun tetap lembut.

5. Omelettes

Omelettes adalah menu sarapan berbahan dasar telur yang sangat populer dan juga disajikan di berbagai jam makan lain dalam sehari. 

Omelet ini Sama halnya dengan telur dadar pada umumnya sering kita buat di rumah. Menu ini dapat disajikan polos tanpa tambahan apapun atau bisa juga dengan tambahan yang kita inginkan seperti cream susu, keju, bawang bombay, tomat, irisan sosis, dll. Kombinasikan sesuai selera.

Apapun jenis omelet yang disiapkan, metode pembuatan nya tetap sama. Yaitu dengan mengocok telur dalam mangkuk terpisah atau bisa juga seperti yang anda lakukan untuk membuat telur orak-arik di dalam wajan, tetapi saat telur sudah mulai matang, berhenti mengaduk wajan agar telurnya mulaimengeras. Sebelum telur itu mengeras tambahkan topping yang anda suka lalu lipat atau gulung sesuai yang anda bisa.

Berbagai Jenis Omelet:

1. Plain Omelette(Omelet Polos)

Dibuat polos hanya dengan bumbu tanpa topping apapun.

2. Flat Omelette

Cara membuat telur semacam ini yaitu dengan tidak melipat telur bagian atasnya.

Caranya yaitu dengan menambahkan topping atau tidak pakai toping, kemudian kocok di wadah sebelum memasukkannya ke wajan, lalu masukan telur tadi ke wajan yang sudah di panaskan dan di beri sedikit batter dan tanpa di lipat ya , sisi bagian berwarna paling atas di biarkan matang. Gunakana api kecil agar telur itu matang dengan sempurna. Contoh omlete yang paling terkenal yaitu:

  • TORTILLASS asal Spanyol.
  •  FRITTATAS asal Italia.

3. Stuffed Dan Folded Omelette

Membuat telur semacam ini yaitu dengan Kocok telur di wadah tambahkan beberapa penyedap rasa sesuai kebutuhan kemudian panaskan wajan beri sedikit butter, kemudian masukkan telur tadi. 

Kemudiane letakkan condiment sesuai kebutuhan di tengah omelet sebelum dilipat. Lalu lipat omelet, tunggu sampai matang kemudian tiriskan.

4. Folded Dan Stuffed

Cara membuat omelet yang seperti ini yaitu dengan buat omelet terlebih dahulu kemudian lipat dan tiriskan. Belah omelet yang sudah jadi tadi Panda bagian tengah permukaan atas, masukkan isian sesuai kebutuhan.

5. Folded Omelette

Cara membuat omelette seperti ini yaitu dengan menambahkan kombinasi seperti bawang, sosis dan jamur ke telur sebelum dimasak dan kemudian dilipat dan tunggu sampai matang.

6. Poached Eggs (Telur Rebus)

Cara membuat telur rebus  seperti ini sangat sulit karena harus mempertahankan bentuk telur dalam proses memasaknya. Biasanya juga membutuhkan alat tambahan seperti sendok sayur.

Semakin segar telur semakin mudah untuk menyiapkan telur seperti ini, biasanya telur yang tidak segar kuning telur dan putih telur itu akan berubah bentuk.

Cara membuatnyai siapkan air lalu rebus hingga mendidih, masukkan sendok sayur lalu tuangkan telur ke sendok sayur tambahkan sedikit garam dan cuka karena ini akan membantu menahan putih telur di sekitar kuning telur. 

Masak telur sampai tingkat kematangan yang diinginkan tercapai dan keluarkan dari sendok sayur dengan hati-hati agar bentuknya tidak rusak. Lalu hidangkan di soupcup.

7. Shirred Eggs

Shirred Eggs biasanya di buat untuk melengkapi hidangan khusus. Cara membuatnya yaitu dengan chinaware atau wajan logam dalam berbagai ukuran, telur yang disiapkan juga disajikan dalam hidangan tertentu.

Cara pembuatanya siapkan keramik atau wajan kecil dengan mengoleskan mentega pada piring/wajan dan meletakkannya di atas kompor yang panas,beri batter lalu pecahkan telur dan bentuk bulat sempurna telur tersebut.  

Jika mentega mulai berwarna kecokelatan angkat wadah dan masukan ke dalam oven untuk menyempurnakan kematangannya. Atur kematangannya ,jangan sampai kuning telur mengeras.


Images Source Bye: freepik.com

LihatTutupKomentar