PURCHASING FOOD AND BAVERAGE SERVICE

Pembelian Dan Pengadaan Barang F&B Service (Purchasing)

 

Pembelian Dan Pengadaan Barang F&B Service (Purchasing)

Pembelian Dan Pengadaan Barang F&B Service (Purchasing)

Untuk membuat keputusan pembelian terbaik untuk pengadaan peralatan layanan Makanan dan minuman, Manajer outlet atau Direktur F&B harus meminta brosur produk dari pemasok yang memenuhi syarat.

Purchasing F&B Service di bedakan menjadi dua yaitu pembelian direct issue dan stock store.


Tipe Barang Purchasing

1. Barang Direct Issue

Barang direct issue adalah barang yang harus mesti dipesan setiap hari karena barang tersebut sangat dibutuhkan contohnya bahan makanan. Bahan makanan tersebut akan ditentukan oleh staff kitchen berdasarkan daily market list.

Staf kitchen juga harus mengajukan permintaan bahan yang dibutuhkan dengan menggunakan requisition form ke bagian store departemen.

2. Barang Stock Store 

Barang stock store adalah barang yang dapat disimpan dan dikategorikan dalam bahan baku makanan dan minuman yang berbentuknya itu kaleng atau box dan sifat khasnya dapat dibekukan.

Apabila sudah membuat form purcashing dua kategori tadi maka bagian store room akan membuat purchase requisition untuk meminta persetujuan atau konfirmasi dari bagian terkait.
 
Apabila sudah disetujui, form tersebut diberikan ke bagian purchasing departemen untuk dijadikan form purchase order, supaya dilakukannya proses pemesanan kepada supplier barang yang sudah bekerjasama sebelumnya.

Serta untuk menghindari kesalahan yang terjadi antara petugas penerimaan barang dengan supplier maka harus ada yang namanya form purchase order.

Standard Purchase 

Standard Purchase Spesification adalah aturan pembelian bahan makanan dan Minuman sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh perusahaan
 
Bagian purchasing harus melengkapi dengan food & beverage standard purchase spesification dalam setiap pemesanan barang baku bahan makanan dan minuman yang di order.
Standar yang diberlakukan seperti itu bertujuan untuk merincikan spesifikasi kuantitas, kualitas, mutu, jenis bahan baku, berat,jumlah isi dan lain sebagainya.
 
Dari bahan yang akan diorder harus sesuai dengan food & beverage standard purchase spesification yang berguna untuk mengawasi kualitas bahan makanan dan minuman yang akan dibeli.

Pemilihan Agen Supplier Barang

Pemilihan agen supplier dalam bagian purchasing, perusahaan harus melakukan penawaran harga dengan minimal 3 (tiga) supplier untuk menentukan harga terbaik.
 
Departemen purchasing juga harus mempertimbangkan beberapa kriteria dalam memilih pemasok yaitu, melihat dari kualitas bahan baku, harga barang, cara pengiriman, dan segi garansi dan kebijakan pengembalian barang yang kurang baik.
 
Dengan cara meminta pricelist form dan sample produk yang ditawarkan oleh supplier. Supplier yang menawarkan harga terendah dengan kualitas bahan baku yang baik harus dipilih.
 
Namun pada kenyataannya menunjukan bahwa bagian purchasing tidak melakukan banyak negosiasi harga terhadap banyaknya supplier.

Untuk pembelian barang dengan jumlah yang besar, sebaiknya pihak perusahaan harus bermitra dengan banyak supplier agar kebutuhanb barang untuk bagian kitchen selalu bisa terpenuhi dan mengurangi berbagai resiko rusak atau tidak sesuai dengan kualitas dan sebagai bahan perbandingan harga serta kualitas barang dari setiap supplier.


Contoh Daftar Purchaseing Food And Baverage Service

Form ini bertujuan untuk membuat keputusan pembelian atau pengadaan bahan baku dan peralatan layanan yang harus ada di outlet.


Aerated Drinks Decanters 

Ice Tongs

Ashtrays

Ketchup dispenser

Baby Chairs

KOT print rolls

Beverage Server Trays

Menu Board

Bill Folder

Napkin Holder

Bill Print Rolls

Napkins with printed Logo

Bottle Openers

Oil and Vinegar Cruets

Bus Carts

Pen

Bus Tubs | Bus Boxes

Pepper Mill

Butter Dishes

Plate Covers

Candle Stand

Relish Dishes

Candles

Required Cutleries as per menu

Chafing dishes

Reserved board

Chafing fuel

Salt Mill

Cheese Trays

Scribbling Pad

Coffee creamers

Service Plates

Coffee Warmers

Serving ladles

Condiment Holders

Serving Towels

Cruet set

Serving Utensils

Cutting Board

Side Stands

Dish Storage Carts

Sugar Bowls

Flower Vases

Table Number

Food Server Trays

Tea and Coffee Cup and saucers

Ice Bucket

Teapots

Tray Stands

Utility Carts

Water Pitchers

Wine Cooler Stand

Wine Decanters

Wine openers

 

 

 

Image source: freepik.com

LihatTutupKomentar