Food and Beverage Dalam Arti yang Luas

Food and Beverage Dalam Arti yang Luas dan pengertian nya
Food and Beverage Dalam Arti yang Luas

Food and Beverage

Apa itu food and beverage?

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas Food and Beverage atau F&B ini merupakan salah satu department di dalam hotel yang bertanggung jawab atas semua pelayanan makanan dan minuman terhadap para pelanggan. Selain di hotel, jenis pekerjaan ini mungkin juga bisa anda temui di restoran, maskapai penerbangan, kapal pesiar,perkereta apian bahkanrumah sakit.

Food and Beverage (F&B) umumnya dibagi menjadi 2 bagian berdasarkan ruang lingkup dan tugasnya masing-masing. Apa saja, simak ulasan pembagiannya berikut:

1. F&B Front Service (Bagian Depan)

Front Service ini merupakan bagian pelayanan depan yang meluputi bar, restoran dan juga room service. Jadi petugas di bagian ini yang akan berhubungan atau tatap muka langsung dengan tamu yang datang.

2F&B Back Service (Bagian Belakang)

Back service ini merupakan bagian belakang yang area kerjanya meluputi dapur, service bar dan juga kantin. Bisa dibilang karwayan di bagian ini tidak langsung berhubungan dengan para tamu.

Karena pekerjaan ini bergerak dalam bidang jasa pelayanan maka mesti di tuntut untuk untuk tampil rapi, ramah dan sopan serta mampu berkomunikasi dengan baik juga cekatan.

Untuk lingkungannya kerjanya sendiri sangat keren loh ,di antaranya di restoran, café, coffe shop dan sering ketemu banyak tamu yang keren keren. Beberapa Lingkungan kerja F&B service di antaranya sebagai berikut:

1. Cafe (Coffee Shop)

Coffee shop adalah suatu tempat minum da makan seperti restaurant yang menyajikan berbagai olahan kopi seperti espresso ,cafelatte ,kopi tubruk dll. Seiring perkembangannya, selain menyediakan kopi sebagai produk utama cafe ini menyediakan berbagai makanan kecil dan makanan berat.

2.  Restaurant 

Restaurant adalah istilah umum untuk menyebut usaha di bidang makanan dan minuman yang menyajikan hidangan kepada tamu yang berkujung serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya.

2. Bar

Bar adalah tempat atau konter yang menjual berbagai minuman beralkohol seperti beer, wine, liqeur, dan coktails dan bar sendiri tidak sembarangan masuk biasanya harus berusian tertentu baru di perbolehkan masuk. Sementara Orang yang bertugas mengolah sebuah minuman ,membuat minuman tertentu yang mengandung alkohol di sebut bartender.

5. Room Service

Merupakan bagian yang menyediakan pelayanan makan dan minum di dalam hotel yang akan di antrakan kamar tamu. Jadi ketika tengah malam atau kita sedang malas untuk keluar kamar kamu boleh telepon untuk memesan makanan nanti akan di antarkan ke kamar kita.

3. Banquet

Merupakan divisi bagian yang bertugas untuk menangani segala bentuk kegiatan jamuan atau pesta yang diselenggarakan oleh tamu hotel. Jadi semua akan dipersiapkan secara matang, baik jumlah tamu, menu maupun waktu pelaksanaannya. Biasanya mereka bekerja untuk menyiapkan meeting ,acara pernikahan ,atau acara acara tertentu.

4. Steward

Steward  adalah orang yang bertugas membersihkan peralatan makanan dan bertugas untuk mengurus semua peralatan restoran dan dapur pada sebuah hotel.

Tugas dan Tanggung Jawab F&B Service

Tugas dan tanggung jawab Food and Beverage (F&B) Service ialah mengurus segala bentuk pelayanan yang berkaitan dengan makan dan minum serta menyediakan ruangan atau tempat untuk menggelar acara resmi atau event meeting demi kepuasan para pelanggan.

Selain tanggung jawab, ada pula tugas-tugas yang harus dilakukan oleh bagian Food and Beverage Service diantaranya adalah:

  • Membersihkan seluruh area makan sesuai dengan prosedur hotel sebelum para tamu datang.
  • Memeriksa dan membersihkan semua fasilitas dan peralatan F&B department.
  • Memastikan kenyamanan dan keselamatan para staf dan pelanggan.


Posisi Yang Ada Di Department Food & Beverage Service

Food and Beverage Service merupakah department yang di dalamnya terdapat berbagai macam jabatan atau posisi kerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Diantaranya adalah :

1. Waiter/Waitress

Food and Beverage Service memiliki peran penting dalam sebuah hotel, terutama dalam meningkatkan pendapatan hotel itu sendiri selain dari sektor penginapan.

Merupakan seorang yang bertugas untuk melayani tamu yang datang dan membantu dalam pemesanan menu serta mengantarkan menu yang dipesan langsung ke atas meja. Selain itu seorang waiter/waitress juga bertugas untuk ikut menjaga kebersihan tempat makan dan meja tamu.

  • Mempersiapkan kelengkapan makan para tamu seperti fork ,spoon ,plate dll.
  • Melaksanakan persiapan set up-mise en place.
  • Melaksanakan pelayanan terhadap tamu restoran.
  • Mengambil pesanan/order tamu dari captain untuk diteruskan kepada kitchen.
  • Melaksanakan penyajian hidangan kepada tamu.
  • Melakukan  clear up dari meja tamu.
  • Mempersiapkan dan mengambil kebutuhan linen napkin, wares, supplies.
  • Mengumpulkan dan mengantarkan soiled linen dan dirty dishes ke laundry/stewarding.
  • Menyiapkan table set up dan clear up.
  • Melaksanakan dan mengikuti perintah captain dalam menjalankan tugas-tugasnya.
  • Melakukan clearend area restoran.
  • Bersikap ramah terhadap tamu.
  • Menghadiri briefing atau pengarahan dari manager.

2. Order Taker

Merupakan seorang yang bertugas untuk melayani tamu dalam pemesanan makanan dan minuman langsung dari kamar hotel melalui telepon, kemudian mengantarkan orderan/pesanan makanan tersebut ke kamar.

3. Barista

Adalah seorang yang bertugas untuk membuatkan dan menyajikan berbagai macam minuman kopi yang dipesan oleh tamu.

4. Bartender

Adalah seorang yang bertugas untuk meracik dan menyajikan berbagai minuman beralkhl (bir, anggur, koktail dan likeur) kepada tamu di konter bar.

Adapun tugas seorang bartender di antaranya :

  • Mengawasi stok bahan bahan baku minuman.
  • Melengkapi kelengkapan, ketepatan dari mise en place.
  • Membuat laporan setiap harinya, daily sales report.
  • Memanajemen , ketepatan pelaksanaan mixing drinks, penyajian, penjualan dan pelayanan 385.
  • Menyusun standard portion, standard receipt, standard beverage cost bersama dengan F&B cost control.
  • Mengatur dan mengawasi kelancaran pelayanan.
  • Mengatasi keluhan para pengunjung.
  • Mengatur pembagian “station” serta mengawasi pelaksanannya.
  • Memeriksa personel hygiene, grooming dan sanitasi.
  • Melayani langsung para tamu VIP.
  • Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik.
  • Memeriksa kelengkapan, ketepatan pengadaan”store room requisition”
  • Membuat repair dan maintanace orde.

5. Food and Beverage Manager

Food and Beverage Manager adalah bosnya para manager divisi F&B dan seorang yang membawahi semua outlet manager dan memiliki tanggung jawab atas pengelolaan sumber daya manusia serta memastikan keuntungan dalam keseluruhan bisnis di departmentnya.

6. Food & Beverage Director

Food and Beverage Director adalah seorang yang membawahi 2 department sekaligus yakni F&B Service dan Kitchen serta bertanggung jawab penuh atas manajement keduanya.

7. Admin F&B Service

Admin F&B Service adalah seorang admin yang bertugas untuk membuat dan menginput dokumen serta melakukan stok bahan-bahan baku dan peralatan yang diperlukan di F&B Service Store.

8. Cashier

Cashier adalah seorang yang bertugas untuk mencatat tamu yang datang ke restoran serta melayani pembayaran dan membuat laporan untuk diserahkan ke bagian department accounting.

9. Leader/Captain

Leader/Captain adalah seorang pemimpin atau leader di dalam restaurant yang bertugas untuk mengkoordinasi dan memastikan para waiter/waitress dalam melakukan semua tugas-tugasnya.

10. Supervisor Restaurant

Supervisor Restaurant adalah seorang supervisor yang bertugas dalam melakukan kontrol penuh atas kinerja admin dan juga waiter/waitress. Disamping itu seorang supervisor restaurant juga harus membuatkan jadwal kerja yang terstruktur juga memberikan pelatihan terhadap karyawan termasuk cara mengatasi tamu yang complain.

11. Outlet Manager

Outlet Manager  adalah seorang pimpinan atau kepala (restoran, café, bar, lounge, banquet) yang memiliki tugas untuk membuat kebijakan atas operasional outlet yang dikelolanya.


Image source: freepik.com

LihatTutupKomentar