Room Division Departemen Di Industri Perhotelan

Room Division Departemen di Industri Hotel dan bagian bagiannya
Room Division Departemen di Industri perhotelan


Room Division Atau Departemen Kamar

Room Division department atau juga sering disebut sebagai Departemen kamar ini adalah sebuah divisi yang tedapat di sebuah industri perhotel yang bertanggung  jawab terhadap seluruh operational  keseluruhan hotel terutama di bidang krlola kamar(room). 

Pernah gak kalian berkunjung ke dalam hotel kemudian menemukan petugas yang berbeda dalam tugasnya ,nah di setiap hotel memiliki tugas masing masing setiap para pekerjanya dan di bagi perdivisi tugas yang berbeda.

Setiap tugas memiliki keterkaitan satu sama lainnya. Contohnya ketika kamu checkin hotel kamu akan bertemu dengan orang yang akan menanyakan apa kebutuhanmu dan biasanya itu mereka di depan hotel pas pintu masuk lalu akan di arahkan untuk subhmith data kemudian akan ada lagi petugas hotel lain yang membantu membawakan barang kamu ke kamar ,kemudian ketika kamu membutuhkan makanan kamu akan ada lagi orang yang mengantarkan makanan kamu ke kamar mu ,nah itulah sistem yang di bangun di industri ini. 

Setiap divisi bekerja dengan saling keterkaitan sehingga semua masalah ataupun pekerjaan yang banyak bisa terselesaikan karena saling suport tiap bagian divisinya.

Nah untuk Room Division atau divisi kamar sendiri itu di bagi dua ,yaitu :

1. Front Office Department
2. Housekeeping Department


1. Front Office Department

Front Office Department adalah suatu divisi kerja di suatu perhotelan yang tugas dan tanggung jawabnya berhubugan lagsung dengan tamu, dan yang memiliki peran penting dalam melakukan sebuah pelayanan pada tamu langsung dan biasanya berada pada bagian depan hotel atau pas pintu masuk.

Front Office inilah yang menjadi hedaer informasi antara pihak manajemen hotel itu sendiri dengan paratamu yang datang ke hotel tersebut. FO harus memiliki banyak wawasan mengenai halhal yang berkaitan mengenai semua kebutuhan menginap para tamunya.

Front Office sendiri terdiri dari berbagai spesialis jenis kerjaan kerjaanya loh ,di antaranya :

a) Greeter /Bellboy 

Greeter /Bellboy  sendiri adalah div kerja yang bertugas menuntun tamu ke reception untuk melakukan proses check in hotel. Selain itu greeter biasanya akan menyapa tamu membukakan pintu, mengeluarkan barang-baran yang dibawa tamu dari mobil dan bellboylah yang akan membantu tamu membawakan barangbarangnya ke kamar danpula biasanya bellboy dengan senang hati ketika checkout tamu dapat meminta tolong membawakan barang dari kamar ke loby dan begitulah pekerjaan seorang bellboy.

b) Front Desk Attendant / Recepsionis

Front Desk Attendant atau Recepsionis adalah orang yang bertugas melakukan proses check in dan check out para  tamu serta menerima pembayaran pembayaran bill tamu. Selain itu FDA akan menjadi pusat informasi dari sebuah hotel situ sendiri. 

Receptionis di gambarakan dengan individu yang ramah dan berjiwa melayani adalah memiliki skill yang penting yang harus dimilikinya.

c) Bell Driver

Bell Driver adalah orang yang bertugas antar jemput tamu ,melayani parking mobil tamu dari loby ke tempat parkir. Makanya menjadi seorang bell driver wajib punya SIM A dan bisa nyetir pastinya.

d) Guest Relation Officer ( GRO )

GRO sendiri adalah orang yang memberikan sapaan hangat untuk para tamu dan memastikan bahwa tamu menerima perhatian baik dari hotel tersebut. GRO juga harus hadir di lobi hotel untuk mengucapkan selamat datang dan selamat tinggal pada tamu pada keberangkatan mereka. Dia / Dia terlibat dalam strategi promosi hotel,branding  dan pemasaran. GRO harus memproyeksikan citra rapi, sikap positif dan perilaku yang baik kepada para tamu. GRO harus memiliki skill lebih tentang operasi Front Office secara keseluruhan yang meliputi reservasi, cashiering, concierge, penerimaan dan GRO akan bertindak sebagai manajer tugas sama kaya Front Office Manager saja.

e) Operator

Operator adalah orang yang melakukan proses penerimaan atau pemberi informasi ke semua tamu melalui telepon. Semua telepon yang masuk ke hotel akan di tangani oleh seorang operator dan diteruskan ke departement yang dituju. Bukan hanya yang berkaitan dengan antar makanan saja melaikan dengan reservasi juga.

f) Front Office Cashier

Front Office Cashier bertugas mengelola keuangan dari tamu dari semua pembayaran akomodasi dan biaya apapun. Biaya seperti parkir mobil, penggunaan komputer, layanan kamar, layanan laundry, faksimili dan layanan lainnya yang ditawarkan di hotel. Kasir juga harus memastikan bahwa pembayaran tamu harus sesuai dengan jumlah billnya. 

Menangani dan mencatat semua transaksi keuangan tamu selama mereka menginap. Kasir harus dapat secara akurat menghitung tarif kamar, diskon dan menambah ruang dan tambahan biaya dengan menggunakan penambahan mesin atau peralatan apapun yang di tawarkan hotel tersebut. 

Front Office Cashier bertanggung jawab untuk pengolahan uang tunai, kartu debit dan transaksi kartu kreditnya tamu.


2. Housekeeping Departement

Jika kamu masuk sutu penginapan tentunya mereka mempunyai petugas kebersihan untuk menjaga kebersihan area nah ,kalo di hotel itu namanya housekeeping. Housekeeping adalah divisi yang memiliki tanggung jawab atas keseluruhan kebersihan hotel baik dalam ruangan maupun public area serta membersihkan berbagai fasilitas seluruh hotel tersebut.

HK ini memiliki divisi khusu juga di antaranya :

a) Room Section/ Roomboy

Room Section adalah team bagian yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berkaitan dengan kamar tamu. Mulai dari kebersihan, kelengkapan lainnya. Jadi kamu menginap di suatu hotel dan kamarnya masih terdapat sampah atau ada masalah mengenai kebersihan atau tidak terdapat peralatan mandi kita bisa loh menghubungi mereka.

b) Public Area Section

Public Area Section adalah divisi yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam menjaga area kebersihan, kerapian, dan keindahan semua area hotel bagian dalam. 

Baik itu indoor ataupun outdoor seperti lobby, restaurant, restroom dan lain-lain.

c) Laundry & Linen Section

Laundry & Linen Section adalah div bagian yang bertugas mengurusi keseluruhan kain kain seperti lap ,handuk ,linen dan lainlain.Selain itu menyediakan jasa laundry untuk para tamu. 

Menyiapkan seragam kerja yang bersih  untuk karyawan juga bagian dari pekerjaan.

d) Gardener & Florist

Gardener & Florist adalah divisi yang bertugas menyiapkan keindahan ruangan denganberbagai kreasi bunga hidup. Gardeners ini yang bertugas untuk merawat tanaman-tanaman yang di luar ruang untuk menambah keindahan hotel tersebut. 

Sementara florist sendiri bertanggung jawab untuk penyediaan dan merangkai bunga-bunga segar untuk dekorasi hotel.

e) Houseman

Houseman adalah orangyang bertugas membersihkan area paling luar berperan melaksanakan pembersihan zona yang susah di jangkau seperti atas gedung.

f) Back Office

Back Office adalah staf Departemen housekeeping yang bertugas membersihkan area dan peralatan di belakang hotel.

g) Housekeeping Checker

Housekeeping Checker adalah staf Departemen housekeeping yang bertugas untuk mengecek seluruh peralatan dan fasilitas kebersihan di area-area hotel.

h) Floor Section/Room Section

Floor Section / Room Section adalah staf yang hanya bertugas membersihkan area lantai dan kamar tamu.

i) Recreation dan Sweemingpool Section

Recreation dan Sweemingpool section adalah departemen yang mengurusi bagian rekreasi dan kolam renang di dalam hotel.



Image source: freepik.com

LihatTutupKomentar